Kelas TikTok Shop Bersama Rumah Kreatif Sleman : Bikin Jualan Laris Manis


Oleh adminr | 18 Aug 2023

Sleman, 18 Agustus 2023 – Dalam perkembangan dunia digital saat  ini, banyak pelaku usaha yang memanfaatkan media sosial  untuk melakukan terobosan pemasaran. Media sosial yang sedang tren saat ini adalah platform TikTok yang digandrungi oleh anak muda. Pergeseran perilaku konsumen saat ini yang mengandalkan pengaruh dan peluang interaksi langsung secara live, sangat sesuai dengan platform TikTok.

Saat ini, kurang lebih terdapat 2 juta seller dari UMKM yang berada di TikTok Shop. TikTok Shop adalah platform social ecommmerce yang memungkinkan para penjual untuk menawarkan produknya ke pengguna TikTok secara langsung.

Dengan adanya peningkatan pengguna  TikTok shop sebagai media pemasaran, maka Rumah Kreatif Sleman menindaklanjuti dengan mengadakan Kelas Pelatihan TikTok Shop bersama dengan Ibu Galih dari brand Ramundi sebagai praktisi dalam tema kelas pelatihan TikTok Shop ini. Galih adalah salah satu pelaku UMKM dibidang fashion yang memanfaatkan TikTok shop sebagai media pemasaran usahanya, dan berhasil dalam meningkatkan penjualannya melalui TikTok shop.

Kelas pelatihan TikTok Shop ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan teknik yang  berkaitan dengan aplikasi TikTok Shop bagi UKM, yang mana sekarang banyak digemari dan dimanfaatkan para bisnis sebagai media pemasaran produk yang dimiliki. TikTok shop akan memberikan peluang besar bagi UKM Sleman untuk meningkatkan eksposur produk, menjangkau calon pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan.

Kelas pelatihan TikTok shop ini diikuti oleh para UMKM Sleman, kelas ini dilaksanakan selama 2 hari pada 15-16 Agustus 2023. Hari pertama berupa materi terkait pengenalan dan dasar TikTok Shop. Peserta pelatihan diberikan penjelasan terkait fitur-fitur yang ada di TikTok shop.

Pelatihan hari kedua adalah kegiatan praktek. Peserta mendaftarkan usahanya  ke akun TikTok shop kemudian mengupload produk usahanya sendiri-sendiri sesuai arahan yang diberikan. Dengan adanya kelas pelatihan TikTok Shop ini para UMKM sangat terbantu dan antusias saat mengikuti kelas tersebut.

Narasumber menekankan bahwa dalam menjalankan usaha kuncinya adalah satu yaitu konsisten, baik dalam memasarkan ataupun memproduksi. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan TikTok shop ini maka para UMKM diharap untuk tetap konsisten dalam meningkatkan pemasaranya seperti halnya membuat konten sesuai produknya secara kreatif dan menarik sehingga para konsumen tertarik dengan konten kita maka secara tidak langsung akan mendorong  konsumen untuk melakukan pembelian terhadap produk kita.

Penulis : Ajeng Paluvi (Mahasiswa Magang di Disperindag Sleman dari STIM YKPN Yogyakarta)

Komentar

Tidak Ada Comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disimpan dan dipublikasikan

Menu
Cari