Sosialisasi Tertib Ukur Metrologi Bagi Industri Olahan Pangan


Oleh Admin | 29 Jan 2021

Pada hari Jumat tanggal 29 Januari 2021, UPTD Pelayanan Metrologi Legal melakukan acara webinar berkolaborasi dengan Tim Penyuluh Dinas Perdagangan dan Perindustrian Sleman.

Acara webinar yang mengambil tema Sosialisasi Tertib Ukur Metrologi Bagi Industri Olahan Pangan yang dilaksanakan via Zoom Meeting yang diikuti pelaku UMKM pangan dan minuman binaan penyuluh perindag. Dalam acara tersebut, saudara Dwi Riyanto selaku Pengamat Tera menyampaikan materi mengenai BDKT (Barang Dalam Keadaan Terbungkus). Sedangkan materi terkait Tera dan Tera Ulang UTTP di sampaikan oleh Heru Suryadi selaku Penera Ahli Muda.

Saudara Dwi Riyanto memberikan materi mengenai BDKT kepada partisipan sosialisasi

Penyelenggaraan acara memberikan edukasi terhadap pelaku UMKM bidang makanan dan minuman mengenai pentingnya tertib pengukuran dan penulisan satuan ukuran yang benar. Dalam acara ini juga ditekankan pentingnya kebenaran ukuran sebagai kebutuhan bagi produsen, selain sebagai bentuk perlindungan konsumen serta untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Dalam acara yang dihadiri secara daring oleh lebih dari dua puluh orang tersebut, diberikan beberapa contoh mengenai penggunaan penulisan yang tepat dalam BDKT, serta jenis timbangan seperti apa saja yang wajib tera dan tera ulang. Di acara tersebut kedua narasumber mempersiapkan beberapa contoh alat ukur yang sering digunakan oleh UMKM di Kabupaten Sleman, serta contoh produk pangan dalam keadaan terbungkus yang penulisan satuan ukuran sudah maupun yang belum sesuai standar.

Saudara Heru Suryadi menunjukkan contoh timbangan yang digunakan untuk industri pangan

Sebagai contoh jenis timbangan yang tidak boleh digunakan untuk kegiatan transaksional, terdapat tulisan/label “Not For Legal Trade” atau tidak boleh digunakan untuk berdagang.

Antusiasme partisipan dapat terlihat dari berbagai pertanyaan yang diajukan, terutama dari para partisipan yang berasal dari ASPIKA (Asosiasi Pengusaha Makanan dan Minuman) Kabupaten Sleman. Beberapa partisipan menanyakan mengenai ketentuan alat UTTP yang diizinkan untuk kebutuhan transaksi perdagangan, sanksi dan mekanisme pelayanan tera dan tera ulang yang diberikan oleh UPTD Pelayanan Metrologi Legal Kabupaten Sleman.

Komentar

Tidak Ada Comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disimpan dan dipublikasikan

Menu
Cari