Sosialisasi Pelayanan Tera/Tera Ulang dan Perda Retribusi di Pasar Prambanan


Oleh Admin | 31 Jan 2020

UPTD Pelayanan Metrologi Legal mengadakan Sosialisasi tentang pelayanan tera/tera ulang dan tata cara penggunaan dan pemanfaatan UTTP di pasar Prambanan, Pelemsari, Bokoharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman. Sosialisasi Pelayanan Tera/Tera Ulang yang berlangsung secara bertahap selama tiga hari ini juga dihadiri oleh Kepala UPTD Pelayanan Pasar Wilayah III, Bapak Ahmad Andi Prayitni, S.E, bersama jajarannya dan di hadiri sekitar 150 pedagang berlangsung santai dan serius.

Sosialisasi Pelayanan tera ulang Alat UTTP oleh Metrologi Legal SlemanSosialisasi di Pasar Prambanan ini dilaksanakan selama tiga (3) hari yaitu tanggal 28, 29 dan 30 Januari 2020 karena cakupan luasan Pasar dan jumlah pedagang yang memeiliki dan menggunakan Alat UTTP juga sangat banyak. Sosialisasi ini bertujuan agar para pedagang di Pasar Pasar Prambanan ini mengerti tentang pentingnya tera/tera ulang dalam bertransaksi sehingga tidak ada pihak yang dirugikan.

Para pedagang yang hadir dalam acara tersebut terlihat aktif dan antusias menanyakan tentang ketentuan yang harus dilakukan dalam pelaksanaan tera/tera ulang tersebut. Dalam kesempatan sosialisasi ini juga disampaikan tentang besarann retribusi yang dikenakan terhadap masing-masing jenis UTTP. Adapun besaran retribusi yang sudah ditetapkan ini diharapkan tidak memberatkan bagi para pedagang.

Sosialisasi Pelayanan tera ulang Alat UTTP oleh Metrologi Legal SlemanSosialisasi Pelayanan tera ulang Alat UTTP oleh Metrologi Legal Sleman

Nantinya pelaksanaan sidang tera/tera ulang akan dilakukan setelah sosialisasi tentang pelayanan tera/tera ulang dan tata cara penggunaan dan pemanfaatan UTTP. Para pedagang dijanjikan akan dipinjamkan timbangan pengganti disaat timbangan para pedagang sedang ditera ulang. Hal ini menjadikan antusiasme para pedagang di Pasar Prambanan bertambah besar untuk melakukan tera ulang timbangan.

Kegiatan Sosialisasi ini merupakan satu kegiatan dalam memasayarakatkan budaya sadar tera dan tera ulang terhadap UTTP serta bagaimana menggunakan UTTP yang seharusnya. Disampaikan oleh Kasubbag Tata Usaha UPTD Pelayanan Metrologi Legal, Enny Sumi Rahayu, SE, MM bahwa jaminan kebenaran selain sebagai perwujudan perlindungan terhadap konsumen, juga merupakan kebutuhan bagi pedagang untuk mendapatkan rejeki yang halal dan berkah serta pembeli bisa loyal berlangganan karena merasa puas dengan transaksi jual beli.

Komentar

Tidak Ada Comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disimpan dan dipublikasikan

Menu
Cari