Sinergi RKS x Canon : Pelatihan Foto Produk Untuk Media Sosial


Oleh adminr | 26 Jan 2024

Sleman, 26 Januari 2024 – Dalam era digital yang berkembang pesat, para pelaku IKM (Industri Kecil dan Menengah) perlu memahami betapa pentingnya memiliki foto produk yang berkualitas untuk meningkatkan daya tarik dan penjualan di pasar online. Dalam dunia yang semakin terkoneksi ini, gambar bukan hanya sekadar ilustrasi, melainkan jendela utama bagi calon pelanggan untuk mengenal, menilai, dan memutuskan apakah produk tersebut layak dibeli.

Rumah Kreatif Slemana (RKS) berkolaborasi dengan EOS Canon Indonesia mengadakan kegiatan Pelatihan Foto Produk Untuk Kegiatan Media Sosial dengan narasumber Bapak Misbhacul Munir selaku Professional Photographer. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis, 25 Januari 2024 di Gedung DEKRANASDA (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Sleman yang dihadiri kurang lebih 45 pelaku IKM (Industri Kecil dan Menengah).

Kegiatan ini diawali dengan pemaparan dari perwakilan dinas yaitu Bapak Amien Makmuri, M.Ec. dan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Mas Munir. Pemaparan materi yang disampaikan yaitu terkait dengan teknik pengambilan foto produk dengan HP dengan hasil kualitas DSL. Pada materi ini dijelaskan bagaiaman cara memanfaatkan kamera smartphone agar dapat digunakan secara maksimal. Point penting dalam pemotretan antara lain: kesesuaian background, Angle/sudut pemotretan, kualitas exposure dan white balance, serta kesesuaian lighting atau arah cahaya.

Mas Munir selanjutnya menjelaskan bagaimana cara menjual produk yang memiliki growth besar, yaitu dengan copywriting. Copywriting sangat perlu dilakukan agar banyak pengunjung yang mengunjungi online store dan memutuskan membeli produk tersebut.

Setelah kegiatan istirahat dan makan bersama, kegiatan selanjutnya adalah praktik langsung dengan properti yang ada. Masing-masing peserta antusias memfoto produk mereka sesuai dengan teknik yang telah disampiakan Mas Munir di awal sesi. Setelah melakukan pengambilan foto produk, peserta diminta untuk menggunakan software PhotoRoom untuk memperindah hasil foto produknya.

Dari awal kegiatan sampai akhir kegiatan, seluruh peserta sangat antusias terhadap pelatihan ini. Menurut mereka kegiatan pelatihan foto produk ini sangat bermanfaat khususnya bagi yang masih awam dengan foto produk untuk merdia sosial. Dengan menyadari pentingnya foto produk untuk media sosial, pelaku IKM dapat mengoptimalkan potensi pasar online dan meraih kesuksesan yang lebih besar dalam bisnis mereka.

Penulis : Sahrul Saputro (Mahasiswa Magang di Disperindag dari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta)

Komentar

Tidak Ada Comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disimpan dan dipublikasikan

Menu
Cari