Sharing Session “Jualan Kaos Raup Omset Milyaran” Bersama Owner Regar Sport


Oleh adminr | 18 Oct 2023

Sleman, 18 Oktober 2023 – Bisnis yang maju dan berhasil merupakan sebuah pencapaian yang diinginkan oleh seorang pebisnis. Untuk mencapai keberhasilan dalam menjalankan bisnis tentunya diperlukan pengalaman serta pengetahuan tentang bisnis itu sendiri. Pengalaman dan pengetahuan tentang bagaimana karakter bisnis, apa yang ada didalam bisnis serta bagaimana strategi yang bagus dalam menjalankan bisnis. Hal itu bisa didapat melalui sharing bersama rekan sesama pebisnis.

Rumah Kreatif Sleman (RKS) berkolaborasi dengan agen ekspedisi J&T mengadakan kegiatan talkshow dan sharing session. Kegiatan ini dilakukan pada hari Selasa, 17 Oktober 2023 di Gedung DEKRANASDA (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Sleman yang dihadiri kurang lebih 40 orang peserta. Dalam kegiatan ini RKS dan J&T mengundang Jumariyanto atau yang kerap disapa Om Jum selaku owner dari Regar Sport sebagai narasumber. Kegiatan ini juga disiarkan langsung lewat chanel youtube RKS – Rumah Kreatif Sleman.

Sharing session ini dibuka dengan pemaparan materi oleh pihak J&T yang diwakili oleh Trio Saputra selaku manajer marketing J&T. Disana beliau banyak menyampaikan penjelasan tentang apa itu e-commerce. Bagaimana perkembangan pasar e-commerce serta pembayaran menggunakan layanan e-wallet, yang mana sekarang banyak toko offline yang beralih ke toko online karena segi harga serta kepraktisannya. Beliau juga menjelaskan bagaimana sistem ekspedisi J&T dalam melayani customer. Selain itu disampaikan juga berbagai macam keuntungan menjadi member J&T dan bagaimana alur pengiriman barang dalam skala nasional maupun internasional.

Pada sesi berikutnya dilanjutkan oleh Bapak Jumariyanto selaku owner dari Regar Sport. Beliau memaparkan tentang legal branding, perjalanan usaha, strategi bisnis serta pentingnya manajemen keuangan dalam menjalankan usaha yang baik. Selama berbisnis, beliau banyak melakukan riset dari berbagai bidang usaha yang telah dilalui sebelum akhirnya fokus pada satu bisnis yaitu konveksi. Disini beliau juga menjelaskan kepada peserta tentang bagaimana menghasilkan dan mengelola keuangan, sehingga menjadi culture bisnis yang efisien. Dalam pemamparan materi terkesan santai namun mudah dipahami. Beberapa peserta juga memberikan pertanyaan karena tertarik dengan apa yang disampaikan oleh Om Jum.

Diakhir session dilakukan juga pemberian doorprize dari tim J&T untuk mengapresiasi 10 peserta. Peserta ini meliputi peserta yang berani bertanya kepada narasumber, peserta yang datang awal dan juga para peserta yang mampu menjawab pertanyaan dari kedua narasumber.

Melalui sharing session ini diharapkan para peserta dapat terinspirasi dan teredukasi oleh para narasumber yang dihadirkan, sehingga mengikuti jejak narasumber yang telah sukses dalam menjalankan bisnisnya. Narasumber juga menekankan bahwa dalam menjalankan suatu bisnis harus dilakukan secara konsisten, riset, mengatur strategi bisnis dan juga memperhatikan 6M. 6M ini meliputi mind, money, metode, material dan juga market. Selain itu dari tim J&T juga menekankan keuntungan yang didapat ketika menjadi member, sehingga akan mempermudah proses pengiriman barang dari pebisnis ke konsumen.

Penulis : Hilda Putri Larasati ( Mahasiswa Magang di Disperindag dari Institut Seni Indonesia Yogyakarta).

Komentar

Tidak Ada Comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disimpan dan dipublikasikan

Menu
Cari