Penyuluhan cara dan manfaat penggunaan Alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya (UTTP) di Pasar Prambanan.


Oleh Admin | 21 Feb 2020

UPTD Pelayanan Metrologi Legal kabupaten Sleman melaksanakan kegiatan Penyuluhan cara dan manfaat penggunaan Alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya (UTTP) terhadap pedagang di pasar Prambanan, Pelemsari, Bokoharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman. Sebanyak sekitar 100 pedagang yang menghadiri acara penyuluhan cara dan manfaat penggunaan Alat UTTP berlangsung gayeng dan serius ini dihadiri juga oleh Kepala UPTD Pelayanan Pasar Wilayah IV, Ahmad Andi Prayitno, SE beserta jajarannya.

metrologi legal sleman

 

 

 

 

 

 

 

Kegiatan penyuluhan di Pasar Prambanan ini dilakukan secara bertahap karena jumlah pedagang aktif yang menggunakan Alat UTTP wajib tera pun sangat banyak. Penyuluhan berlangsung selama dua, tanggal 19 dan 20 Februari 2020 ini ditargetkan untuk pedagang yang berjualan di lantai tiga dan anggota paguyuban dengan tujuan agar para pedagang yang menggunakan alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya (UTTP) memiliki pengetahuan dan kesadaran pentingnya menggunakan UTTP secara baik dan benar, termasuk kesadaran untuk melakukan tera/tera ulang timbangan yang digunakan untuk kegiatan jual/beli melalui kegiatan tera dan tera ulang secara rutin.

 

Sosialisasi Pelayanan tera ulang Alat UTTP oleh Metrologi Legal Sleman

 

Bahwa jaminan kebenaran selain sebagai perwujudan perlindungan terhadap konsumen, juga merupakan kebutuhan bagi pedagang untuk mendapatkan rejeki yang halal dan berkah serta pembeli bisa loyal berlangganan karena merasa puas dengan transaksi jual beli.

Dalam kesempatan kali, Ibu Kasubbag Tata Usaha UPTD  Pelayanan Metrologi Legal, Enny Sumi Rahayu, SE, MM juga menagaskan bahwa jaminan kebenaran selain sebagai perwujudan perlindungan terhadap konsumen, juga merupakan kebutuhan bagi pedagang untuk mendapatkan rejeki yang halal dan berkah serta pembeli bisa loyal berlangganan karena merasa puas dengan transaksi jual beli.

Dengan Penyuluhan ini juga diharapkan bisa memotivasi para pedagang untuk perduli terhadap UTTP yang digunakan, termasuk cara pemakaian yang benar dan perawatan secara rutin pada timbangannya. Pemakaian ini meliputi cara membawa, meletakkan dan menggunakan timbangan yang tepat. yang dimaksudkan selain untuk memelihara kondisi UTTP. Sedangkan Perawatan terhadap timbangan perlu dilakukan baik sebelum, selama dan sesudah penggunaan timbangan, termasuk di dalamnya adalah cara menyimpan timbangan yang benar.

Komentar

Tidak Ada Comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disimpan dan dipublikasikan

Menu
Cari