Pasar Sambilegi Sleman Mendapat Penghargaan Dari BPOM RI


Oleh Admin | 10 Feb 2019

Pasar Sambilegi Sleman menjadi satu-satunya pasar di Indonesia sebagai pasar percontohan untuk pangan aman dari bahan berbahaya dari BPOM. Pasar ini mendapatkan penilaian untuk menerima penghargaan dari BPOM RI Untuk Pasar Aman Dari Bahan Berbahaya. Penghargaan ini diberikan bertepatan dengan peringatan ulang tahun ke-18 BPOM RI pada tanggal 10 Februari 2019 yang diselenggarakan di Area Parkir Car Free Day Halaman Parkir Sarinah Jakarta.

Penghargaan ini diterima langsung oleh Bupati Sleman Sri Purnomo yang diserahkan Kepala BPOM RI, Dr. Ir.Penny K. Lukito, MCP. Sri Purnomo menyatakan bahwa,“penghargaan ini merupakan awal dari perjuangan untuk menjadikan pasar di Kabupaten Sleman yang benar-benar aman dari bahan-bahan berbahaya.”

Pasar aman dari bahan berbahaya ini dimulai dari tahun 2013 dengan intervensi masing-masing satu pasar tiap kabupaten/kota. Untuk DIY, intervensi dilakukan kepada lima pasar yang salah satunya adalah Pasar Sambilegi.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman, Tri Endah Yitnani menuturkan, “pengawasan penyalahgunaan bahan berbahaya dalam pangan dirintis Dinas Pasar di Kabupaten Sleman sejak tahun 2011.”

Usaha itu dilaksanakan dengan menggandeng BPOM DIY. Selanjutnya, bupati Sleman menerbitkan SK tentang tim pengawas terpadu penyalahgunaan bahan berbahaya dalam pangan sejak tahun 2013.

Program ini memiliki tahapan seperti forum advokasi pemda dan lintas sektor, bimbingan teknis petugas pasar, sampling dan pengujian tahap 1 dan2. Ada pula penyuluhan ke komunitas pasar, kampanye pasar aman, monitoring, dan evaluasi. Beberapa bertugas membantu BPOM melakukan sampling, pengujian dan pembinaan pedagang yang tidak penuhi syarat.

Untuk menjadi pasar percontohan, Pasar Sambilegi harus memiliki beberapa persyaratan yang harus dilakukan dan dipenuhi. Seperti kebersihan tempat dagangan, kebersihan pasar, kebersihan pedagang/penjualnya, dan juga peralatan yang digunakan harus bersih, kuat, dan tidak ada yang berkarat.

Komentar

Tidak Ada Comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disimpan dan dipublikasikan

Menu
Cari