Pasar Gentan Jadi Nominasi Pasar Aman Berbasis Komunitas Tingkat Nasional


Oleh adminr | 02 Apr 2021

Praktek penyalahgunaan bahan berbahaya yang dilarang dalam makanan hingga saat ini masih terjadi. Berdasarkan hasil pengecekan di pasar tradisional diketahui bahwa bahan yang dilarang digunakan pada pangan masih beredar luas dan bebas sehingga kualitas produk makanan yang beredar di masyarakat perlu ditingkatkan dan dibutuhkan pengawasan terhadap bahan pangan dan bahan berbahaya yang beredar.

Dalam rangka meningkatkan kemandirian pedagang dalam menjaga keamanan pangan dari bahan berbahaya, dilaksanakan lomba penilaian pasar aman dari bahan berbahaya berbasis komunitas tingkat nasional. Pasar Gentan ditunjuk mewakili Sleman dalam lomba tersebut. Lomba pasar aman ini bertujuan untuk menjamin kebutuhan pangan yang aman sampai tingkat pedagang, dan juga menciptakan pasar aman dari bahan berbahaya berbasis komunitas.

Penilaian yang dilakukan oleh Kemendag, BPPOM, Kominfo, dan KKP mengecek secara langsung bahan makanan yang dijual pedagang di Pasar Gentan, Kamis (1/4). Pengecekan ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya bahan berbahaya pada makanan seperti formalin, boraks, rhodamine B dan methanil yellow. Penilaian juga mencangkup kebersihan pasar, penataan pedagang, dan pengecekan taat ukuran timbangan. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat mengetahui penyalahgunaan bahan berbahaya dalam pangan, sehingga dapat dijadikan dasar kegiatan pembinaan lebih lanjut. (tj/nr)

Komentar

Tidak Ada Comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disimpan dan dipublikasikan

Menu
Cari