IKM SLEMAN MENDAPATKAN PENGHARGAAN UPAKARTI


Oleh admin4 | 11 Dec 2020

Pemerintah kembali menyelenggarakan acara Penganugerahan Penghargaan Upakarti dan Penghargaan Seleksi Desain Terbaik (IGDS) di tahun 2020 sebagai bentuk apresiasi kepada insan yang telah berdedikasi dalam pengembangan sektor industri kecil dan menengah (IKM), serta insan kreatif yang menciptakan desain produk industri terbaik yang inovatif.

Penghargaan Upakarti dimaksud sebagai penghargaan dibidang perindustrian yang diberikan kepada pihak yang berprestasi, berjasa, dan aktif melakukan pengembangan dan atau pembinaan industri kecil dan industri menengah.

Pemberian penghargaan Upakarti bertujuan meningkatkan kesadaran dan mendorong prakarsa masyarakat, sebagai bentuk apresiasi dan motivasi kepada orang-perseorangan, lembaga/organisasi, perusahaan, atau pemerintah daerah yang berpartisipasi aktif dalam pembangunan dan pemberdayaan industri kecil dan industri menengah guna meningkatkan kesempatan berusaha dan perluasan kesempatan kerja diseluruh wilayah Indonesia.

Penghargaan Upakarti tahun 2020 mencakup dua kategori, yaitu Kategori Jasa Pengabdian dan Jasa Kepeloporan. Karegori Jasa Pengabdian diberikan kepada orang-perseorangan Warga Negara Indonesia atau lembaga/organisasi yang berkedudukan di Indonesia yang tugas dan fungsinya tidak melakukan pembangunan dan pemberdayaan terhadap IKM. Sedangkan Kategori Jasa Pelaporan, diberikan kepada perusahaan bersekala menengah atau besar dan berkedudukan di Indonesia yang melakukan pembangunan dan pemberdayaan IKM melalui pengembangan, penguatan keterkaitan, dan hubungan kemritaan dengan prinsip saling menguntungkan.

Sedangkan di Sleman sendiri yang mendapatkan penghargaan adalah Bapak Afif Saykur, IKM batik Sleman. Penghargaan tersebut diberikan oleh Kementrian Perindustrian yang disampaikan oleh Bapak Wakil Presiden pada tanggal 10 Desember 2020.

Bapak Afif Syakur sendiri adalah pengusaha batik Pekalongan, Jawa Tengah. Bapak Afif Syakur merintis industri batik sendiri sejak 1990. Ia mendirikan Apip’s Batik di Yogyakarta dan menjadi trendsetter fesyen batik Indonesia. Cintanya pada batik terbukti dengan koleksi sekitar 3.500 batik unggulan karya empu batik tempo dulu. Ini menjadi modal Afif menciptakan desain baru. Berbagai produk premium lahir dari kreativitasnya, seperti sarung selendang, stola, pareo dan busana. Sebagian menggunakan material kain tenun tradisional. Dinamisnya batik Pekalongan berpadu dengan keagungan filosofis batik Yogyakarta. Ragam klasik pun tampil kekinian, sejalan dengan misis Afif agar batik dapat dipakai siapa saja, kapan saja, dimana saja. Sedangakan tahun lalu sudah diikutkan even promosi ke Rusia oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman dengan menampilkan dan mempromosikan batik Sleman yang bermotif Sinom Parijotho Salak.

 

 

Komentar

Tidak Ada Comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disimpan dan dipublikasikan

Menu
Cari