Harga Sembako Mulai Turun


Oleh Admin | 08 Jan 2019

Berdasarkan pantauan di 6 pasar besar di Sleman sampai dengan tanggal 5 Januari 2019, beberapa komoditi sembako mulai menunjukkan penurunan harga di antaranya adalah: beras IR I, beras IR II, gula pasir, daging ayam broiler, telur ayam broiler, cabai rawit hijau, cabai rawit merah, dan kol/kobis. Padahal komoditi-komoditi ini pada periode Desember 2018 minggu ke-5 masih menunjukkan kenaikan harga.

Cabai rawit merah menunjukkan penurunan harga yang cukup signifikan sebesar 16,65%. Cabai rawit hijau juga menunjukkan penurunan harga sebesar 5,68%. Pun demikian dengan daging dan telur ayam broiler juga menunjukkan penurunan harga dengan persentase berturut-turut sebesar 2,55% dan 1,29%. Kol/kobis juga mulai menunjukkan kecenderungan penurunan harga dengan persentase penurunan cukup signifikan sebesar 12,54%. Telah berakhirnya musim libur Natal dan Tahun Baru yang diikuti dengan penurunan permintaan terhadap komoditi-komoditi ini menjadi penyebab penurunan harga.

Sementara itu beberapa komoditi yang masih mengalami kenaikan harga adalah daging ayam kampung, cabai merah keriting, bawang merah, bawang putih, dan tomat sayur. Beberapa komoditi yang mengalami kenaikan harga ini misalnya daging ayam kampung, dan bawang putih di periode Desember 2018 minggu ke-5 menunjukkan kestabilan harga.

Daging ayam kampung di awal Januari 2019 ini menunjukkan kenaikan harga sebesar 5,67%. Faktor penyebab kenaikan harga ini adalah keterbatasan supply daging ayam kampung di Yogyakarta. Bawang merah dan bawang putih masih menunjukkan trend kenaikan harga dengan persentase kenaikan masing-masing sebesar 6,12% dan 2,82%. Tomat sayur juga mengalami kenaikan harga dengan persentase kenaikan sebesar 2,17%. Faktor cuaca masih ditengarai menjadi penyebab utama kenaikan harga bawang merah, bawang putih, dan tomat sayur.

Sedangkan komoditas lain misalnya tepung terigu (segitiga biru dan kunci), daging sapi has, daging sapi rending/semur, garam bata, garam halus, kacang kedelai (impor dan local), kacang hijau, kacang tanah, ikan asin teri, dan jagung pipilan kering tidak menunjukkan perubahan harga.

 

Komentar

Tidak Ada Comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disimpan dan dipublikasikan

Menu
Cari