Evaluasi dan Sosialisasi Cap Tanda Tera Tahun 2023 Mendukung Peningkatan Tertib Ukur


Oleh adminr | 27 Sep 2023

Sleman, 27 September 2023 – UPTD Pelayanan Metrologi Legal Sleman mengadakan kegiatan Evaluasi dan Sosialisasi Cap Tanda Tera Tahun 2023 di Kantor UPTD Metrologi Sleman, Selasa (26/9/23). Kegiatan ini bertujuan utama mendukung peningkatan tertib ukur melalui kegiatan Tera/Tera Ulang. Acara ini menjadi langkah strategis untuk memastikan alat ukur, takar, dan timbang yang digunakan oleh masyarakat memenuhi standar yang ketat.

Kegiatan dihadiri oleh berbagai pihak yang memiliki peran penting dalam menjaga akurasi pengukuran. Tim Perum PERURI, yang memiliki pengalaman dalam bidang metrologi, turut serta memberikan sosialisasi tentang proses pembuatan Cap Tanda Tera. Mereka menjelaskan tahapan dari perancangan hingga pengemasan CTT, memastikan bahwa setiap cap yang digunakan untuk alat ukur telah disusun dengan teliti dan sesuai standar.

Selain Tim Perum PERURI, Direktorat Metrologi dan BSML Regional II Yogyakarta juga turut hadir untuk memberikan dukungan dan panduan teknis. Hal ini mencerminkan komitmen pemerintah dalam memastikan bahwa semua alat ukur di Sleman beroperasi dengan akurat dan sesuai standar yang berlaku.

Pemerintah Kabupaten Sleman juga terlibat aktif dalam acara ini, dengan kehadiran Kepala Bidang Usaha Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman serta Kepala UPTD Pelayanan Metrologi Legal Kabupaten Sleman. Mereka bersama-sama menjadikan kegiatan ini sebagai langkah strategis dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap alat ukur yang digunakan dalam transaksi sehari-hari.

Tidak hanya itu, dalam acara ini juga dilakukan peninjauan langsung ke lapangan. Pasar Buah Tempel menjadi tempat untuk memeriksa Timbangan Meja dan Anak Timbangan, sedangkan di SPBU Krapyak, Triharjo, Sleman, dilakukan pemeriksaan terhadap kawat segel. Ini adalah bukti nyata bahwa kegiatan ini tidak hanya berupa perbincangan, tetapi juga tindakan konkret untuk memastikan ketepatan pengukuran.

Dengan evaluasi dan sosialisasi Cap Tanda Tera Tahun 2023 yang komprehensif ini, diharapkan masyarakat Sleman dapat menggunakan alat ukur dengan lebih percaya diri. Ini adalah langkah penting dalam mendukung ekonomi yang sehat dan transparan, di mana ketepatan pengukuran adalah kunci utama dalam setiap transaksi. Semua pihak yang terlibat dalam acara ini berkomitmen untuk terus memajukan bidang metrologi demi kesejahteraan bersama. (nr)

Komentar

Tidak Ada Comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disimpan dan dipublikasikan

Menu
Cari