Dekranasda Sleman dan Disperindag Sambangi IKM Mendong di Minggir


Oleh adminr | 26 Jul 2023

Sleman, 25 Juli 2023 – Guna mendukung dan memajukan industri kerajinan mendong yang ada di Plembon, Sendangsari, Minggir, Sleman, Dekranasda Sleman dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sleman menyelenggarakan kegiatan “Sambang Industri Kecil Menengah (IKM).” Kegiatan ini berlangsung di tengah kendala dan tantangan yang dihadapi oleh pelaku usaha, terutama dalam hal regenerasi pengrajin yang masih menjadi permasalahan utama. Acara “Sambang IKM” ini dihadiri oleh Ketua Dekranasda Sleman, Sri Purnomo, dan perwakilan dari Disperindag Sleman. Mereka bersama-sama melakukan kunjungan ke beberapa unit industri kerajinan mendong yang ada di daerah Plembon untuk mengetahui kondisi lapangan dan berbicara langsung dengan para pelaku usaha.

Kegiatan “Sambang IKM” ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing dan memberikan dukungan bagi pelaku usaha industri kerajinan mendong di Plembon. Mendong merupakan salah satu kekayaan lokal yang menjadi ciri khas Sleman, dan pengrajin mendong memainkan peran penting dalam melestarikan kearifan lokal serta menciptakan produk unggulan yang memiliki nilai seni dan ekonomi tinggi. Dalam kunjungan tersebut, terungkap bahwa salah satu tantangan utama yang dihadapi industri kerajinan mendong adalah masalah regenerasi pengrajin. Sebagian besar pengrajin mendong di Plembon sudah berusia lanjut, dan sayangnya, minat generasi muda untuk terlibat dalam industri kerajinan ini masih kurang. Hal ini bisa berpotensi menyebabkan penurunan jumlah tenaga kerja di industri ini serta membahayakan keberlanjutan usaha dan kelestarian kerajinan mendong di daerah ini.

Dalam acara “Sambang IKM,” Ketua Dekranasda Sleman, Sri Purnomo, menekankan pentingnya dukungan dari pemerintah daerah dan masyarakat dalam mengatasi tantangan ini. Beliau berkomitmen untuk bekerja sama dengan Disperindag Sleman untuk mencari solusi dan langkah-langkah strategis guna meningkatkan daya tarik industri kerajinan mendong bagi generasi muda. Salah satu rencana yang diusulkan adalah melibatkan pendekatan edukasi dan pelatihan bagi generasi muda tentang pentingnya melestarikan kerajinan mendong serta potensi ekonomi yang dapat dihasilkan dari industri ini. Dengan meningkatkan pemahaman dan apresiasi terhadap keindahan dan nilai-nilai seni kerajinan mendong, diharapkan minat generasi muda untuk bergabung dalam industri ini akan semakin meningkat. (nr)

Komentar

Tidak Ada Comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disimpan dan dipublikasikan

Menu
Cari