Revitalisasi Pasar Potrojayan, Semua Pedagang Direlokasi

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sleman akan merevitalisasi Pasar Potrojayan, Madurejo, Prambanan. Sebanyak 338 pedagang direlokasi ke tanah Kas Desa Madurejo, Senin (24/5) dilaksanakan secara iring-iringan yang bertujuan untuk memberi semangat pedagang sekaligus promosi agar masyarakat tahu untuk sementara pasar Potrojayan dipindah.

“Semuanya sudah pindah, sekarang sedang menata dagangannya dan tempat. Kami beri waktu hari ini dan besok. Rabu seluruh pedagang sudah mulai berjualan,” kata Haris Martapa, Sekretaris Disperindag dalam sambutannya.

“Revitalisasi pasar Potrojayan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kemendag sebesar Rp 6 miliar. Revitalisasi dimulai dengan pembongkaran pasar, perataan tanah dan kemudian pembangunan fisik, yang ditargetkan berlangsung selama empat bulan” tambahnya.

Proses fisik yang diperkirakan selesai pada November 2021 kemudian dilanjutkan dengan proses administrasi dan pemeriksaan, sehingga diharapkan pasar baru akan siap digunakan pedagang pada Januari 2022. Pasar Potrojayan memiliki luas bangunan 2.700 meter persegi dan luas keseluruhan tanah 3.305 meter persegi.

Konsep revitalisasi menggunakan prototipe dari Kemendag tipe C. Di Sleman, pasar tipe C digunakan juga di Pasar Gentan. Pasar Potrojayan dipilih untuk revitalisasi dengan pertimbangan pemerataan revitalisasi dan kesiapan kesiapan komunitas pasar untuk menerima revitalisasi. Di Sleman, terdapat 42 pasar yang dikelola oleh Pemkab Sleman, 23 diantaranya telah direvitalisasi total maupun sebagian.

“Anggaran dari pusat, karena dari daerah konsentrasi mbenakke (memperbaiki) yang rusak regular. Infrastruktur pasar itu karena digunakan setiap hari ada yang bocor, harus tambal sulam dan sebagainya,” ujar Haris.

Fasilitas lokasi relokasi pasar Potrojayan sudah cukup lengkap, tersedia listrik, toilet, mushola, kantor pasar serta lokasi parkir yang cukup luas. Pembeli pasar juga mudah menemukan tempat relokasi karena sudah dilakukan sosialisasi sebelumnya serta diberikan penunjuk arah dan papan nama di lokasi relokasi. (tj/nr)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*