Pengawasan BDKT Terhadap Produk Pangan IKM Sleman

Pengawasan BDKT Terhadap Produk Pangan IKM Sleman. Dalam rangka mendukung kebangkitan ekonomi, mewujudkan transaksi legal yang aman dan sebagai bentuk perlindungan konsumen maka pada tanggal 5 Mei 2021, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab. Sleman melalui UPTD Pelayanan Metrologi Legal bersama dengan Balai Standarisasi Metrologi Legal (BSML) Regional II Yogyakarta Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI melakukan pengawasan Barang Dalam Kemasan Terbungkus (BDKT) terhadap produk IKM yang ada di Kabupaten Sleman.

Pengawasan BDKT dilakukan pada produk IKM Khansa Food di Mancasan, Pandowoharjo, Kec. Sleman; IKM Snack Unyil di Ngringin, Condongcatur, Kec. Depok; dan CV Cariza Khansa Pratama di Jetis, Wedomartani, Kec. Ngemplak. Dalam pengawasan tersebut, Arif Nurjaya selaku Penera Ahli dan Miladi Syaiful Nugroho selaku Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Metrologi Legal dari BSML Regional II Yogyakarta Kemendag RI didampingi tim dari UPTD Pelayanan Metrologi Legal Kab. Sleman melakukan pengecekan isi dari masing-masing BDKT produk IKM.

Setiap produk IKM diambil sebanyak 60 sampel untuk dilakukan pengujian kebenaran kuantitas produk BDKT. Setelah pengujian kuantitas, dilanjutkan dengan pengecekan cara penulisan (labelling) kemasan kosong dan produk yang sudah siap didistribusikan untuk memeriksa kesesuaian pelabelan dengan peraturan yang berlaku. Hasil pengujian BDKT akan disampaikan kepada pelaku usaha agar ditindaklanjuti sesuai saran dan arahan sehingga produk IKM yang diperjualbelikan memiliki daya saing yang unggul.

Kegiatan juga diisi dengan sosialisasi dan edukasi kepada pemilik usaha terkait dengan Pengetahuan UU Kemetrologian berkaitan dengan BDKT dan penggunaan UTTP sesuai dengan aturan Kemetrologian.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*