Type to search

Pemanfaatan Internet Untuk Marketing Online Bagi PKL

Share

Perkembangan internet yang begitu pesat mampu membawa banyak keuntungan dalam berbagai bidang kehidupan. Hampir semua orang saat ini bergantung pada teknologi yang lebih memudahkan, bahkan sekarang ini orang sudah mulai beralih dari belanja offline menjadi belanja online.

Pemasaran melalui internet adalah salah satu ilmu wajib yang harus dimiliki terutama bagi pelaku usaha yang akan berjualan dengan sistem online. Untuk menguasai marketing  yang handal memang tidaklah mudah, dibutuhkan pengalaman dan proses yang cukup panjang. 

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sleman bekerja sama dengan Gojek Jogja mengadakan sosialisasi singkat terkait marketing online bagi pedagang kali lima (PKL) di shelter Denggung, Selasa (27/4). Kegiatan ini dihadiri oleh 40 pedagang kali lima yang berjualan di shelter Denggung. Dalam kesempatan tersebut, Fahmi, perwakilan Gojek Jogja menjelaskan bagaimana cara pedagang menjadi mitra Gojek. Fahmi juga menjelaskan keuntungan-keuntungan menjadi mitra dan juga promo-promo yang diberikan untuk pedagang yang bergabung menjadi mitra. Promosi secara online menjangkau lebih banyak konsumen karena dapat diakses oleh semua orang dimanapun dan dimanapun berada. Sehingga potensi untuk dikenal oleh masyarakat menjadi lebih besar.  

Sri Kurniawati Padma Dewi, Kabid Pembinaan Pedagang Tradisional Disperindag Sleman, menyampaikan bahwa lokasi tempat berdagang merupakan rumah kedua bagi pedagang sehingga harus dijaga kebersihannya. Sampah harus dibuang di tempat yang telah disediakan dan saluran air harus bebas sampah agar saat musim hujan tidak terjadi genangan air. Tempat berdagang yang bersih akan membuat suasana yang nyaman bagi konsumen sehingga konsumen akan datang lagi, tambahnya. Jangan pernah menurunkan kualitas makanan agar konsumen tetap setia, pesan Sri Kurniawati ke pedagang. (tj/nr)

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *