Type to search

Tips dan Trik UMKM di Masa Pandemi

Share

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu sektor yang paling terdampak karena pendemi ini. Pendapatan pelaku UMKM mengalami penurunan sampai 80% yang berakibat banyaknya tenaga kerja yang dikurangi. Hal ini menyebabkan meningkatnya jumlah pengangguran dan pertumbuhan ekonomi yang mengalami penurunan.

Dalam kondisi pandemi ini pelaku UMKM menghadapi berbagai tantangan agar bisa tetap bertahan. Mulai dari kurang tersedianya bahan baku karena diberlakukanya pembatasan sosial, kesulitan mendapatkan pinjaman modal, serta permintaan pasar yang menurun karena belum ada kepastian pulihnya perekonomian. Belum lagi biaya produksi yang menjadi lebih mahal karena ketersedian bahan baku dan proses produksi.

Pemerintah berusaha untuk membantu dan mendampingi pelaku UMKM agar tetap bisa bertahan. Salah satunya dengan mengadakan pelatihan dan pendampingan UMKM untuk masuk ke market digital (e-commerse). Dengan melakukan adaptasi teknologi, pelaku UMKM bisa mulai memasarkan produknya secara online. Pemasaraan produk secara online terbukti lebih efektif karena sudah banyak masyarakat yang mulai menggunakan internet. Selain itu bisa juga dengan melakukan diversifikasi produk agar komoditas yang dihasilkan dapat terserap oleh pasar. (tj/nr)

Tips dan trik lain link dibawah.

Kumpulan Tips Praktis untuk UMKM Beradaptasi dalam Merespon Dampak Covid-19” oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia.

Tags::

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *