Type to search

Program dan Kegiatan

Budaya Batik di Era Milenial

Share

Batik Indonesia merupakan warisan budaya yang sudah diakui dunia sebagai warisan budaya tak-benda. Setiap tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional, sudah selayaknya menjadi tanggung jawab kita untuk melestarikan budaya batik. Apalagi di era milenial ini banyak budaya asing yang masuk dan bisa mempengaruhi kehidupan sehari-hari.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sleman ikut ambil bagian dalam melestarikan batik nasional dengan mengadakan Pelatihan Bimtek Batik di Sentra Batik Margoagung, (17-25/3/2021). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan ketrampilan dasar membatik bagi pemula sekaligus menjadi bekal ketrampilan untuk membuka usaha baru, diikuti oleh 15 orang peserta. Pelaksanaan pelatihan meliputi teori dan praktek langsung membatik dengan dibimbing langsung oleh instruktur yang berpengalaman. Salah satu motif batik yang diajarkan yaitu batik Sinom Parijotho Salak yang merupakan motif batik khas Sleman. 

Batik Sinom Parijotho Salak memiliki motif  yang terdiri dari elemen daun parijotho, daun dan tangkai parijotho, serta daun dan bunga salak. Peserta pelatihan merasa senang dengan adanya pelatihan ini karena menambah ketrampilan mereka dalam membatik dan juga sekaligus bisa menjadi agen melestarikan warisan budaya Indonesia. (tj/nr)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Up