Type to search

Berita

Tidak Pakai Masker.. Bisa Kena Sanksi.

Share

Jumlah kasus positif Covid-19 di Kabupaten Sleman semakin meningkat tiap harinya, dan sampai hari ini mencapai jumlah yang cukup banyak dengan persebaran lokasi yang hampir merata. Hal ini sudah dipandang sangat mengkhawatirkan bagi masyarakat Sleman khususnya. Untuk itu, dalam rangka memutus mata rantai penularan dan penyebaran Covid-19 dan dalam rangka pelaksanaan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 serta Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2020, Bupati Sleman menetapkan peraturan bupati tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan yang disosialisasikan pada Rabu, 9 September 2020 di Aula Unit I Pemda Sleman. Sosialiasi ini dihadiri 20 pelaku usaha yang terdiri dari toko swalayan jejaring, swalayan lokal, dan mall pusat pembelanjaan. Kegiatan ini dilakukan oleh Tim kabupaten dan tim kecamatan  yang bekerja sama dengan polri, TNI, dan dinas instansi terkait.

Dalam sosialiasi ini dikatakan bahwa penegakan hukum protokol kesehatan akan dilaksanakan pada pertengahan bulan September mendatang hingga bulan Desember yang akan dipimpin oleh ketua komando, Satpol PP Sleman. Untuk pelanggar hukum protokol kesehatan, salah satunya seperti tidak menggunakan masker saat melakukan aktivitas diluar rumah, akan diberikan sanksi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 yang berupa teguran lisan; peringatan tertulis; pembinaan bela Negara, seperti menyebutkan sila pancasila atau menyanyikan lagu kebangsaan; kerja sosial; kegiatan olahraga; penyitaan KTP; denda administrasi paling banyak Rp 100.000,00; dan sanksi olahraga.

Kegiatan tersebut akan dilakukan di perkantoran terlebih dahulu sebelum dilakukan di lingkungan masyarakat. Kegiatan dilaksanakan dengan cara pemeriksaan di gedung degung kantoran oleh Satpol PP Sleman.  Untuk sanksi pelaku usaha atau penanggung jawab tempat dan fasilitas umum, akan dikenakan sanksi tambahan berupa penutupan dan atau penghentian sementara operasional usaha/kegiatan/fasilitas umum.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *