Type to search

Berita

2 Pasar Kab. Sleman Sabet Penghargaan Pasar Siaga Covid

Share

Tidak dapat dipungkiri, keberadaan pasar  tradisional  menjadi salah satu jantung ekonomi  masyarakat. Perputaran uang di Pasar Rakyat juga menjadi jantung kehidupan dari wilayah, sehingga dalam masa pandemi ini harus diupayakan menjaga produktifitas Pasar Rakyat ini namun bisa tetap aman dari penularan covid-19. Penggerakan untuk penerapan protokol telah dilakukan oleh berbagai pihak. Dengan telah ditemukannya kasus pada pertengahan bulan Juli lalu, maka upaya peningkatan pun perlu dilakukan dengan salah satu kegiatan yaitu Lomba Pasar Siaga Covid-19.

Lomba ini merupakan salah satu bentuk metode intervensi mendorong sasaran melakukan perubahan perilaku, bersifat konvensional dengan melalui tahapan dan birokrasi serta dimodifikasi untuk membuat respon metode ini menjadi efektif dengan model yang jauh lebih mudah, lebih luas dan ramah untuk semua warga pasar sehingga diharapkan akan memicu keikutsertaan yang jauh lebih tinggi dari setiap pasar yang ada di DIY. Keikutsertaan yang besar akan berarti menunjukkan bahwa pesan-pesan tentang penerapan protokol telah benar-benar dilakukan, dan hal inilah yang menjadi tujuan output dari metode lomba yaitu penggerakan penerapan protokol pencegahan covid-19. Partisipasi dari masyarakat pasar dari pengelola, pedagang, tukang parkir dan lain sebagainya diharapkan dapat ditumbuhkan dari pelaksanaan kegiatan ini.

Multi  efek bagi yang belum mengikuti lomba setidaknya akan mendengar tentang pesan perlunya sebuah pasar menerapkan protokol kesehatan. Multi efek ini setidaknya akan diterima pengelola dan stakeholder termasuk pemerintah daerah setempat.Tujuan diadakan acara ini guna untuk mendorong kebersamaan masyarakat pasar dalam melakukan pencegahan penularan Covid-19 secara independen, edukasi pengendalian penularan Covid-19 dan penggerakan stakeholder terkait Pasar Rakyat.

Acara ini berlangsung di Kepatihan Yogjakarta pada tanggal 31 Agustus 2020 yang dihadiri oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM DIY, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah DIY, Ketua Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) DIY, sebagai pendamping pimpinan. Sedangkan para tamu undangan terdiri dari Komandan Korem 072 Pamungkas, Kepala POLDA DIY, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja DIY, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda DIY, Asosiasi Pedagang Pasar SEluruh Indonesia (APPSI) DIY, Kepala DInas Perindustrian dan Perdagangan Kota Yogyakarta, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab. Bantul, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab. Sleman, Ketua Liaison Officer BNPB dan para penerima penghargaan.

Hasil Lomba pasar siaga covid -19:
Best of the best pasar Prambanan, nilai 2.945, mendapatkan throphy piala, uang pembinaan Rp. 10.000.000,-

Sedangkan klasifikasi kelas A yang pertama diduduki oleh Pasar Imogiri dengan Nilai 2.918 mendapatkan Piala dan uang pembinaan sebesar Rp. 8.000.000,- sedangkan juara kedua diperoleh Pasar Beringharjo dengan nilai 2.900,5 mendaptkan piala dan uang pembinaan sebesar Rp. 5.000.000,-

Sedangkan klasifikasi kelas B yang pertama diperoleh Pasar Gedongkuning dengan nilai 2.937,5 mendaptakan piala  dan uang pembinaan Rp. 7.000.000,-. Pemenang kedua Pasar Gentan dengan nilai 2.887 mendapatkan piala dan uang pembinaan sebesar Rp. 4.500.000,-

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *