Type to search

Berita

Launching Digitalisasi Pasar Kabupaten Sleman dan Penyerahan CSR PT. Bank BPD DIY

Share

Adanya Virus COVID-19 yang melanda Indonesia khususnya Kab.Sleman sejak 3 bulan terakhir ini memberikan dampak yang cukup besar kepada masyarakat Sleman. Tidak hanya pada aspek kesehatan, tetapi juga aspek ekonomi dan ketahanan daerah. Meningkatnya angka pengangguran karena banyaknya kasus PHK serta peningkatan angka kriminalitas di wilayah Kabupaten Sleman.

Untuk itu Dinas Perindustrian Dan Perdagangan selaku motor penggerak usaha perdagangan di Kabupaten Sleman terus berupaya melakukan langkah-langkah yang tepat untuk dapat mendorong pertumbuhan ekonomi kerakyatan di Kabupaten Sleman.

Salah satu upaya yang dilakukan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman adalah mengadakan acara Launching Digitalisasi Pasar Rakyat Kabupaten Sleman dan Penyerahan CSR Bank BPD DIY, pada Selasa, 25 Agustus 2020. Acara tersebut diselenggarakan di Shelter Denggung dan dihadiri oleh Bupati Sleman, Sri Purnomo beserta isteri, Jajaran Muspida, Jajaran Pemkab Sleman, Direksi PT. Bank BPD DIY beserta jajarannya, Pimpinan Bank Indonesia, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK), perwakilan pedagang pasar serta segenap undangan.

Dalam acara tersebut diluncurkan Digitalisasi Pasar Rakyat Kabupaten Sleman, dengan tahap awal dilakukan di 3 lokasi percontohan, yaitu pasar Prambanan, pasar Gentan dan Shelter PKL Denggung. Diharapkan dengan adanya Digitalisasi Pasar, baik pembeli maupun penjual dapat memiliki banyak pilihan dalam bertransaksi dan melakukan aktivitas ekonomi seperti : metode/cara berbelanja (online dan offline), pembayaran belanja (Cashless dan langsung), Pembayaran retribusi, dan lain-lain. Sehingga dengan semakin luasnya pilihan yang diberikan pasar tradisional diharapkan dapat memberikan kepercayaan kepada konsumen bahwa pasar tradisional mampu bersaing dengan pasar modern.

Pada kesempatan itu juga dilakukan demo pembayaran dengan QRIS Bank BPD DIY serta penyerahan CSR Bank BPD DIY, untuk peningkatan kapasitas sarana dan prasarana perdagangan di shelter Denggung yang berupa meja dan kursi untuk pengunjung, papan nama identitas shelter, nomor meja acrylic serta soundsystem.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *