Type to search

Berita

Pre-Launching Galeri Jasmine Nologaten Binaan Rumah Kreatif Sleman, Inisiasi Mahasiswa KKN 78 IT UMY

Share

Kegiatan Pre-Launching Galeri Jasmine ini diinisiasi langsung oleh mahasiswa KKN 78 IT UMY yang bersinergi dengan Disperindag Sleman dan Rumah Kreatif Sleman dengan membuat sebuah wadah untuk para pelaku IKM di Dusun Nologaten Depok Sleman lewat Galeri Jasmine dan Pasar Tiban Minggu Pagi.

Masa pandemi Covid-19 ini benar-benar memberikan dampak langsung perekonomian masyarakat, salah satu yang sangat terasa dampaknya adalah pelaku IKM. Dusun Nologaten masyarakatnya banyak yang menjadi pelaku IKM baik itu individu per rumah tangga maupun usaha secara berkelompok seperti KWT maupun Kelompok Batik. Saat ini produksi para IKM di Dusun Nologaten cenderung menurun bahkan ada yang berhenti, karena sulit dalam pemasaran dan tidak adanya tempat untuk berjualan maupun ongkos untuk produksi produk tersebut. Maka dari itu, Tim KKN 78 IT UNY melakukan observasi dan memberi sebuah gagasan untuk mendirikan sebuah galeri (Galeri Jasmine) yang di dalamnya terdaapat berbagai produk olahan makanan maupun kerajinan.

Beberapa produk tersebut antara lain Batik Nologaten, Jamu, Basreng, aneka olahan makanan dan kerajinan lainnya. Galeri ini bertujuan agar masyarakat di Dusun Nologaten dapat terus berproduksi secara continue dan dapat menaikkan penghasilan dari berjualan tersebut. Kami juga memberi gagasan/ide dalam berjalannya pasar tiban yang ada di Dusun Nologaten ini, sehingga pada setiap minggu masyarakat Dusun Nologaten dapat berjualan secara gratis dan dapat memperkenalkan produknya ke masyarakat luas.

Disamping itu galeri ini juga bergerak di bidang online untuk pemasarannya, sehingga nantinya akan dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Dalam pemasaran online ini kami menggandeng Pemuda Pemudi Dusun Nologaten untuk menjadi motor yang nantinya dapat membantu masyarakat Nologaten dalam memasarkan produk yang mereka produksi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *