Type to search

Berita

Berupaya memulihkan ekonomi IKM, Pemkab Sleman Pre Launching Gedung Dekranasda

Share

Berbagai upaya dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sleman untuk memberikan jalan keluar bagi kondisi UMKM di Kabupaten Sleman yang terdampak adanya Pandemi Covid-19, baik secara produksi maupun penjualan.

Salah satu di antara upaya pemulihan perekonomian adalah dengan membuatkan Gedung Dewan Kerajinan Nasional. Untuk itulah pada hari, Rabu, 29 Juli 2020 diselenggarakan pre-launching peresmian Gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) oleh Bupati Sleman, Sri Purnomo didampingi Ketua Dekranasda Kabupaten Sleman, Dra. Kustini Sri Purnomo. Pre Launching Gedung Dekranasda ini dirangkaikan dengan Pameran Mebel, Kerajinan dan Batik 2020.

Gedung Dekranasda yang dibuat dengan interior modern diharapkan mampu menarik masyarakat dari segala usia, wisatawan domestik maupun asing. Selain itu diharapkan Gedung Dekranasda ini bisa meningkatkan daya saing dan sumber daya perajin UMKM di Sleman.

Ketua Dekranasda Kabupaten Sleman menyampaikan harapannya agar Gedung Dekranasda nantinya dapat menjadi wadah untuk memaksimalkan pengembangan hasil produksi kerajinan, khususnya yang ada di wilayah Kabupaten Sleman. Hal tersebut diwujudkan dengan tersedianya fasilitas pelatihan dan pertemuan selain adanya showroom di Degung Dekranasda.

Selain dengan membangun Gedung Dekranasda, Pemerintah Kabupaten Sleman juga terus berupaya mendorong berkembangnya pengrajin Sleman. Diantaranya dengan menjadikan produk batik motif parijoto dan boneka Salman sebagai produk cinderamata khas Kabupaten Sleman.

Upaya lain untuk mendorong kemajuan UKM Sleman adalah dengan mengembangkan portal digital untuk memilih produk dan melakukan transaksi dengan pengrajin, yaitu www.serayuhimki.com. Dengan adanya portal digital ini, masyarakat dapat lebih nyaman berbelanja dari mana saja.

Sementara itu, Wakil Ketua Dekranasda DIY, Gusti Kanjeng Bendara Raden Ayu (GKBRAy) Adipati Paku Alam X mengatakan keberadaan gedung Dekranasda Kabupaten Sleman ini merupakan bentuk komitmen dalam upaya meningkatkan perkembangan kerajinan di Kabupaten Sleman dan DIY, sekaligus menjadi showroom produk kerajinan yang bermanfaat sebagai sarana promosi dan pengembangan pasar kerajinan di Sleman.

 

 

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *