Type to search

Berita

Cara Pembayaran Retribusi Pelayanan Kemetrologian Secara Cashless Menggunakan QRIS

Share

Dengan laju revolusi industri 4.0, UPTD Metrologi Sleman memperiapkan diri untuk bisa memberikan layanan publik terbaiknya, salah satunya dengan adanya cara pembayaran cashless menggunakan QRIS atau Quick Response Indonesia Standar. Cara pembayaran retribusi non tunai ini sekaligus menjadi cara aman di saat pandemi covid-19 dimana kita semua agar melakukan social distancing dan physical distancing.

Dengan metode QR code ini, hanya dengan 3 langkah mudah maka pembayaran bisa diselesaikan dengan cepat dan aman. Secara sederhana, tiga tahapan yang harus dilakukan pembeli (user) dompet digital saat melakukan pembayaran yang menggunakan QR code adalah:

  1. Scan QR code (scan). Kasir atau petugas akan menunjukkan kode QR (kode batang dua dimensi) dan meminta kita membuka aplikasi dompet digital yang akan kita gunakan untuk menyelesaikan pembyaran tersebut.
  2. Konfirmasi (touch), pada tahap konfirmasi ini kita diminta untuk melihat jumlah nominal yang akan dibayar atau diambilkan dari saldo dompet digital kita. Jika sudah sesuai, kita tinggal konfirmasi setuju.
  3. Pembayaran sukses (pay). Setelah kedua tahap kita lalui, otomatis pembayaran selesai.

Cara pembayaran non tunai menggunakan QR code ini juga sudah dilakukan sosialisasi melalui audio visual.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *