Type to search

Berita kegiatan

Sentra Tenun Gamplong Jadi Salah Satu Ajang Press Tour 2020

Share

Pemerintah Kabupaten Sleman menyelenggarakan kegiatan Press Tour, Rabu (29/1) di Gamplong, Sumberrahayu, Moyudan, yang dikenal sebagai pusat tenun tradisional, bahkan telah dikukuhkan pula sebagai Sentra Industri Tenun Tradisional di Sleman. Kegiatan ini bertujuan mengenalkan dan mempromosikan potensi industri tenun tradisional Kabupaten Sleman. Rombongan press tour kali ini dipimpin Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun, didampingi Kepala dinas Perindag Kabupaten Sleman, Dra. RR. Mae Rusmi S, MT, Bagian Humas Sleman, jajaran dinas Perindag Sleman dan sejumlah wartawan.

Rombongan diterima oleh pengurus kelompok sentra tenun tradisional Gamplong dan dari pengurus sentra menyampaikan bahwa kendala tenun tradisional yaitu regenerasi perajin tenun. Mereka cenderung enggan melanjutkan tradisi tenun yang sudah berjalan puluhan tahun. Sekarang ini, para anak muda di Gamplong dan sekitarnya lebih memilih bekerja di perusahaan atau pabrik pengolahan makanan yang tidak jauh dari sana. Sebab, bagi mereka penghasilannya dianggap lebih besar dan menjanjikan ketimbang melanjutkan usaha tenun tradisional. Oleh karena itu pengurus terus mengupayakan adanya regenerasi dalam industri tenun tradisional di Gamplong untuk terus melestarikan dusun tersebut sebagai sentra industri tenun. Salah satu upaya yang saat ini dilakukan adalah meningkatkan upah para pegawai agar bisa setara dengan UMR Sleman dan penguatan pemasaran online yang menarik minat anak muda.

Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun, menyampaikan sangat mendukung pengembangan potensi kerajinan tenun tradisional di Gamplong agar terus bisa berkembang, dan masyarakat Sleman harus bisa menjadi salesnya produk kerajinan dari Sleman. Sehingga produk Sleman banyak diminati. Selama ini, barang kerajinan dari Gamplong ini sudah banyak dikirim ke Bali dan Jakarta, bahkan sudah diekspor ke luar negeri. Karena itu, ke depan diharapkan produksi kerajinan dari Gamplong memiliki inovasi dan kreasi yang beragam sehingga selalu diminati masyarakat karena menghasilkan produk yang menarik, demikian tambah Sri Muslimatun.

Dalam kesempatan ini, Kepala Dinas Perindag Kabupaten Sleman, RR. Mae Rusmi menyampaikan bahwa tahun ini Dinas Perindag Kabupaten Sleman mendukung pengembangan Sentra Industri Gamplong dengan program kegiatan dinas yang akan dilakukan tahun 2020 dengan pendampingan manajemen usaha industri bekerjasama dengan DPPM UII untuk mendorong peningkatan kualitas produk, pelatihan ekspor bagi pelaku sentra industri Gamplong, promosi pemasaran melalui pameran-pameran, pemasaran online dengan Rumah Kreatif Sleman (RKS), promosi melalui hotel-hotel diwilayah Kabupaten Sleman.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *