Type to search

Berita kegiatan

Pedagang Pasar Mendapatkan Dana Penguatan Modal

Share

Pedagang Pasar Manggung Kabupaten Sleman yang terdiri dari 7 (tujuh) kelompok penerima DPM (Dana Penguatan Modal) pada hari Senin tanggal 27 Januari 2020 melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman telah menandatangani dokumen terkait pencairan DPM di Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Sleman. DPM adalah dana yang disediakan oleh Pemerintah Daerah kepada orang pribadi, kelompok tani, koperasi atau usaha kecil dan menengah yang diperuntukan sebagai modal tambahan dalam mengembangkan usahanya. Manfaat Dana Penguatan Modal (DPM) antara lain yaitu : meningkatkan kesejahteraan masyarakat, menciptakan peluang usaha masyarakat yang bertujuan meningkatkan pendapatan. Persyaratan umum pengajuan Dana Penguatan Modal yaitu memiliki kegiatan usaha dan beroperasi secara nyata dalam masyarakat, tidak sedang menerima dana dari program sejenis (Dana Penguatan Modal), dan memiliki perencanaan terarah dalam hal pemanfaatan dana penguatan modal.

Persyaratan pengajuan Dana Penguatan Modal bagi pedagang pasar yaitu kelompok pedagang pasar yang berjualan secara tetap dan mempunyai Izin Tempat Dasaran berupa kios, los atau bango yang ada di pasar, kelompok lainnya adalah kelompok pedagang kaki lima (PKL) yang telah berijin dan sudah tertata dalam suatu kawasan khusus atau lokasi tertentu. Izin digunakan sebagai jaminan pengajuan Dana Penguatan Modal. Kelompok pedagang pasar dan pedagang kaki lima yang memiliki ijin berdagang dapat mengajukan proposal Dana Penguatan Modal. Jangka waktu pengembalian dana penguatan modal paling lama 4 (empat) tahun atau 48 (empat puluh delapan) bulan, dengan masa tenggang (grace period)4 (empat) bulan. Kontribusi adalah imbal jasa atas pemanfaatan dana penguatan modal. Penerima dana penguatan modal wajib memberikan kontribusi sebesar 6% (enam persen) pertahun.

Dana Penguatan Modal ini sanga bermanfaat bagi para peminjam khususnya pedagang pasar untuk membantu mengembangkan usahanya sehingga pendapatan semakin meningkat. Pelunasan DPM sebelum jatuh tempo, besaran kontribusi yang dibayarkan diperhitungkan sampai dengan tanggal pelunasan. Penerima Dana Penguatan Modal yang melakukan pembayaran tepat waktu diberikan prioritas dalam memperoleh pinajaman DPM untuk periode berikutnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *