Type to search

Berita

Pengawasan SPBU Jelang Libur Natal Dan Tahun Baru 2020

Share

Dalam rangka persiapan liburan hari Natal dan Tahun Baru, UPTD Pelayanan Meetrologi Legal melakukan kegiatan pengawasan pada SPBU Yang berada di jalur tujuan wisata favorit di Kabupaten Sleman, yaitu SPBU 44.555.07 Selomartani dan SPBU 44.555.25 pakem pada hari rabu (11/12/2019).

Pengawasan ini dilakukan dalam rangka perlindungan konsumen agar masyarakat dapat menikmati libur panjang tanpa dirugikan oleh adanya tindak kecurangan saat pembelian bahan bakar yang diisikan apakah pas atau kurang dari takaran yang telah dibeli.

Kegiatan pengawasan dilakukan secara serentak dalam satu hari oleh 2 (dua) tim.

Tim pertama melakukan pengawasan pada SPBU 44.555.07 Pakem dan tim kedua melakukan pengawasan di SPBU 44.555.25 Selomartani.

Dalam proses pengawasan ini, alat ukur PUBBM dilakukan pengecekan terhadap semua Jenis bahan bakar dengan menggunakan bejana ukur standar kapasitas 20 liter.

Hasil pengecekan ini menggunakan Undang-undang kemetrologian dimana hasil pembacaan harus berada di dalam batas kesalahan diijinkan (BKD) diizinkan yaitu sebesar 100ml setiap 20Liter.

Hasil dari pengawasan tim pertama di SPBU 44.555.07 Pakem menunjukkan pompa ukur BBM dalam keadaan baik. SPBU 44.555.07 memiliki 4 dispenser yang berisikan media bahan bakar seperti bio solar, pertalite, pertamina dex, premium, pertamax, dan dexlite. Dari hasil pengujian didapat nilai yang baik dan SPBU dapat direkomendasikan untuk pengisian BBM jika berwisata melewati Jalan Pakem – Turi.

Kemudian untuk pengawasan tim kedua di SPBU 44.555.25 Selomartani juga menunjukkan pompa ukur BBM dalam keadaan baik. SPBU 44.555.25 memiliki 3 dispenser yang berisikan media bahan seperti dexlite, bio solar, pertamax 92, pertalite, premium. Dari hasil pengujian didapat nilai yang baik dan SPBU dapat direkomendasikan untuk pengisian BBM jika berwisata melewati Jalan Cangkringan.

Selain dilakukan pengecekan terhadap kebenaran ukuran Dari segi volume, juga diuji dari setting harga serta dilakukan pemeriksaan segel Yang terpasang pada badan ukur PUBBM.

Pengawasan ini disambut baik oleh pengelola SPBU, disamping sebagai pengecekan juga sebagai jaminan kelayakan SPBU bagi konsumen dan meningkatkan kepercayaan pelanggan.segi volume, juga diuji dari setting harga serta dilakukan pemeriksaan segel Yang terpasang pada badan ukur PUBBM.

.

 

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *