Type to search

Berita

Kelompok batik Sleman mendapatkan bimbingan teknis batik cap

Share

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman telah melaksanakan Bimbingan Teknik Batik Cap pada tanggal 12- 20 November 2019 bertempat di Workshop Batik Nakula Sadewa Jl. Kapten Haryadi No. 9B, Iropaten, Triharjo, Sleman. Kegiatan ini diikuti 20 orang peserta yang merupakan perwakilan dari kelompok-kelompok batik yang ada di wilayah Kabupaten Sleman. Kelompok-kelompok batik tersebut merupakan binaan dari Dinas perindag mulai dari tahun ± 2013-2019. kegiatan Bimtek ini dibuka oleh kepala bidang Perindustrian yaitu Dwi Wulandari, ST, M.Ec.Dev dan dipandu oleh instruktur Batik Nakula Sadewa Raden Bambang Sumardiono.

Kegiatan ini bertujuan agar para anggota memiliki peningkatan keterampilan dalam batik cap, dan salah satu harapannya adalah bisa menurunkan biaya produksi di masing-masing kelompok. Apabila ada pesanan batik cap, tidak perlu pesan dari luar kelompok atau dapat dikerjakan oleh kelompok itu sendiri sehingga biaya produksi dapat ditekan, dan pada akhirnya harga dari batik cap itu sendiri dapat bersaing dipasaran lokal khususnya di DIY.

Tetapi langkah-langkah tersebut masih perlu proses. Tidak serta merta kelompok tersebut bisa mengerjakan batik cap, karena masih ada beberapa hal yang harus dilaksanakan, misalnya menyiapkan peralatan untuk menunjang kegiatan batik cap yaitu stempel cap, bantalan cap, dan meja cap.

Untuk itu melengkapi wawasan peserta bimtek, dalam kesempatan itu juga diajak studi banding atau studi orientasi ke Sentra Batik Laweyan Solo dengan harapan bisa menambah wawasan cakrawala pengetahuan teknologi tentang proses batik yang ada di Sentra batik Laweyan, Solo.

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *