Type to search

Berita

UMKM Sleman Membangun Jejaring Eksportir Pada Pameran Trade Expo Indonesia

Share

 

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman mengikuti Business Forum antara Indonesia – Serbia sebagai permulaan. Acara yang difasilitasi oleh perwakilan Kedubes Indonesia untuk Serbia ini menghadirkan perwakilan dari chamber of commerce Serbia, pelaku industri Serbia dan perwakilan dari Kedubes Indonesia sendiri, acara dilaksanakan pada 15 hingga 17 Oktober 2019 di ICE BSD City Tangerang Selatan. Para UKM seperti Roeby House, Kimiyarsi Jaya Abadi, Kopinata, Sharmista, Yonik Chocolita, Modust Art and Craft.

Presentasi mula dari pihak Serbia mengenai hal-hal umum yang ada di negara mereka. Tawaran lebih kepada calon investor, khususnya Indonesia adalah dijaminkannya bebas pajak alias nol persen untuk investasi, seperti membangun pabrik. Penjelasan Kedubes Indonesia untuk Serbia ialah mengenai, pergulatan negara pecahan akibat perang dan keistimewaan Serbia sebagai penghubung dari Asia ke Eropa membuat rencana investasi ini lebih dari sekadar hubungan dagang, menjual dan mencari untung: Mereka kawan lama Indonesia. Hubungan saling menguntungkan sebagai negara sahabat adalah yang paling penting.

Pembicara terakhir, perwakilan dari LPEI ini memberikan pengetahuan baru mengenai ekspor. Lembaga dari Indonesia EximBank ini ternyata memberikan insentif bagi para eksportir baru yang kesulitan keuangan dalam biaya ekspor. Syaratnya, kondisi perusahaan stabil, sudah terima order dan perjanjian pihak buyer negara tujuan. Selain itu, ternyata juga memberikan program pendampingan selama satu tahun kepada pelaku UMKM siap ekspor. Tentu saja pelatihan yang diberikan adalah seputar pemahaman mengenai kesiapan ekspor beserta prosedur. Setelah acara ini Sharmista langsung mendaftar ke booth LPEI.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *