Type to search

Program dan Kegiatan

Melestarikan Warisan Budaya Batik Melalui BIMTEK

Share

Keseriusan Pemerintah Kabupaten Sleman dalam mengembangkan produk kerajinan batik mendapat respon dan dukungan dari berbagai pihak. Untuk melestarikan warisan budaya bangsa yang memiliki nilai istimewa ini, perlu ditanamkan kecintaan pada seni budaya. Salah satunya adalah dengan memberikan pengenalan maupun pelatihan membatik.  Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman Bidang Perindustrian melaksanakan kegiatan Bimtek Batik yang merupakan kegiatan pelatihan keterampilan berusaha bagi keluarga miskin.

Kegiatan Bimtek Batik dilaksanakan di Kecamatan Godean selama 7 (tujuh) hari pada tanggal 8 sampai dengan 16 Oktober 2019. Pembukaan dilaksanakan di Kantor Kec. Godean. Bimtek ini dihadiri sebanyak 20 orang yang merupakan anggota- anggota kelompok batik yang ada di 7 Desa di Wilayah Kec. Godean. Materi Bimtek batik ini ialah pengembangan desain batik dan peningkatan teknik batik tulis serta pewarnaan dengan pewarna sintetis. Mengikuti pelatihan membatik akan membangun daya imajinasi, koordinasi, keseimbangan dan motorik. Tentu saja harus dengan pengarahan dari ahli membatik yang sudah professional dan berpengalaman. Intruktur kegiatan ini adalah praktisi batik Ibu Haryati dimana beliau sebagai pengrajin batik Sleman serta pengurus Asosiasi Batik Mukti Manunggal. Ibu Kasiyem juga hadir sebagai instruktur dimana beliau dikenal sebagai pembatik tulis yang berpengalaman.

Keseruan dalam pelatihan membatik, dimulai dari pengenalan bahan serta alat-alat yang akan digunakan untuk membatik. Selanjutnya pembimbing mendemostrasikan proses awal dengan langsung menerapkannya pada kain dengan pewarnaan dasar. Lalu peserta akan diajarkan berkreasi dengan membuat model sendiri, hingga menjadi sebuah karya batik. Tidak hanya ilmu yang didapat namun juga diharapkan dapat terus menggali potensi batik sehingga lebih diminati pasar, pengembangan motif yang unik dan khas akan membuat batik yang dihasilkan punya nilai tersendiri dihati para pecinta batik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *