Type to search

Berita

Disperindag Sleman Menggelar Forum Perindag se-DIY

Share

 

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman menggelar Forum    yang dihadiri seluruh Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Forum dilaksanakan pada hari Senin, 30 September 2019 di Bali Ndeso Kampung Flory Sleman.

Dilaksanakannya Forum ini ialah untuk memperoleh masukan untuk mencapai target kinerja, program dan kegiatan serta rancangan kerja. Selain itu juga untuk menyelaraskan program dan kegiatan antar kabupaten.

Dalam forum ini Tri Endah Yitnani selaku Kepala Dinas Perindag Sleman menyampaikan bahwa Dinas Perindag ini haru 1 (satu) level dalam artian semua saling bersinergi, maju satu maju semua, saling mentransfer ilmu yang sudah didapat kepada rekan – rekan yang lain. Kemudian Pak Toro sebagai perwakilan Disperindag Kulon Progo menghimbau agar pendataan UMKM dilakukan dengan prosedur yang  tepat.

Beberapa usulan hal yang disampaikan oleh peserta dalam forum Perindag se- DIY diantaranya adalah :

  1. Industri yang membutuhkan dengan teknolgi tepat guna : melalui Balai Pengembangan Teknolgi Tepat Guna (belum optimal ke lapangan, perlu peran serta Kabupaten atau kota apabila ada binaan yang memerlukan agar difasilitasi  Kabupaten atau Kota, namun tidak gratis.
  2. Astra Indonesia melihat potensi di Kulonprpgo, akan  mengembangkan dan mengoptimalkan industri kelapa.
  3. Minuman beralkohol, dengan adanya transaksi online perlu memberikan batasan – batasa yang sesuai regulasi yang ada.
  4. Langkah penumbuhan usaha baru dilakukan di dua Dinas. Dinas Kop UKM meminta data dari bidang Perindustrian Perindag.
  5. Dana Keistimewaan, di Perindag Propinsi sebagai KPA, PA tetap di Dinas Kebudayaan yaitu Kabupaten atau Kota dapat mereplikasi skema ini. Danais ada review setiap 3 bulan.
  6. PT. Kambil Hijau di Sleman, sudah terkenal di Indonesia, namun di daerah masih terlambat mengetahui maka ini menjadi sebuah tugas untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat terdekat.
Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *