Type to search

Berita

SEKOLAH PASAR Pasar Rakyat Gendol

Share

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman menggelar SEKOLAH PASAR Pasar Rakyat Gendol di Sleman pada Kamis, 19 September 2019. Pedagang pasar merupakan salah satu faktor utama pertumbuhan ekonomi, namun masih membutuhkan uluran tangan dari pemerintah.

Tema atau topic yang disajikan berbeda – beda pada setiap sesinya. Narasumber acara ini ialah Haris Martapa selaku Kepala Bidang Pengelolaan Fasilitas Perdagangan Tradisional dan Ratih Latif Pramana dari SMEDC JOGJA. Para pedagang pasar diberikan pembekalan pengetahuan dengan berbagai topik diantaranya seputar pengembangan usaha kecil dan pengenalan penataan kebersihan tempat serta kebersihan makanan yang dijual. Hal ini dilakukan demi mengangkat status pasar tradisional yang semula kumuh menjadi pasar tradisional modern yang lebih tertata rapi dan bersih. Sehingga, mendukung dunia perdagangan dan pertumbuhan perekonomian masyarakat Indonesia khususnya UMKM. Jika pasar dapat menciptakan suasana yang nyaman dan bersih tentunya pasart tradisional juga akan menjadi solusi utama bagi masyarakat untuk membeli segala kebutuhan sehari – hari.

Para pedagang pasar juga diharapakan untuk siap menghadapi tantangan yang dihadtapi saat ini yaitu dengan membutuhkan semangat inovasi dan terobosan kreatif dalam pengelolaan pasar rakyat agar terjadinya penguatan pasar dalam negeri pada era persaingan global yang kian terbuka lebar. Hal ini dikarenakan pasar juga merupakan sumber kehidupan yang memiliki fungsi strategis dan memiliki kedekatan dengan aspek sosial budaya dengan masyarakat setempat.

 

 

 

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Up