Type to search

Berita

Pelatihan Uji Tes Kit Untuk Paguyuban Pedagang Pasar ( 5 Angkatan )

Share

Keamanan Pangan ialah kondisi dan upaya yang diperlukan untuk mencegah pangan dari kemungkinan cemaran biologis, kimia, dan benda lain yang dapat mengganggu, merugikan, dan membahayakan kesehatan manusia, maka perlunya pangan yang aman untuk dikonsumsi. Dan untuk mengetahui pangan dari cemaran kimia salah satunya dengan cara uji laboratorium sederhana rapid test kit ini.

Dalam rangka menjamin keamanan pangan bagi masyarakat Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman menyelenggarakan program Pelatihan Uji Tes Kit Untuk Paguyuban Pedagang Pasar ( 5 Angkatan ) yang berlangsung selama 5 (lima) hari.

Kegiatan penyajian materi dan diskusi yang telah dilaksanakan bertujuan untuk memberikan pemahaman peserta tentang landasan teori yang mencakup teknik-teknik dan substansi kompetensi keterampilan modifikasi KIT praktikum skala kecil serta pemanfaatan bahan praktikum ramah lingkungan. Secara umum kegiatan berlangsung sangat baik. Peserta sangat antusias dan bersungguhsungguh mengikuti sesion demi sesion sajian materi pelatihan yang disajikan oleh nara sumber. Demikian pula kegiatan diskusi berlangsung sangat baik. Respon peserta maupun tanggapan dari nara sumber berlangsung baik. Banyaknya pertanyaan yang muncul dari peserta menunjukkan adanya respon positif dari peserta terhadap materi pelatihan. Adanya alat ini tentu membantu dalam mengecek kelayakan makanan yang bisa langsung dimakan ataupun bahan makanan.

Dengan mengetahui cara uji laboratorium sederhana tersebut diharapkan warga masyarakat kabupaten Sleman pada umumnya dan khususnya bagi para kader pasar-pasar tradisional Kabupaten Sleman yang sudah mendapatkan pelatihan bisa menjadi ujung tombak dalam menjaga keamanan pangan di wilayah Kabupaten Sleman.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *