Type to search

Program dan Kegiatan

SLEMAN CANTIK TANPA PLASTIK..!! Perubahan Kecil Berdampak Besar

Share

 

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman melakasanakan Sosialisasi Penggunaan Kantong Belanja Non Plastik dengan Tema “SLEMAN CANTIK TANPA PLASTIK”. Sosialisasi diselenggarakan selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 26 hingga 28 Agustus 2019. Produksi sampah plastik memang sulit dihentikan, namun sangat mungkin untuk dikurangi terutama dengan mengubah kebiasaan kebiasaan kecil. Banyaknya sampah plastik tentunya mengancam keselamatan seluruh Makhluk di muka bumi karena sifat sampah plastik yang sulit untuk terurai, selain itu juga dapat menyebabkan zat – zat beracun karena bahan plastik yang berbahaya bagi manusia.

Banyaknya dampak yang dirasakan, maka perlu melakukan sosialisasi untuk berhenti menggunakan plastik. Melalui kegiatan ini Para narasumber yaitu Dra. Tri Endah Yitnani, M.Si selaku Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman menyampaikan materi mengenai Sinergi Pemerintah-Dunia Usaha –Masyarakat dalam Pengurangan sampah Plastik. Kepala Kantor Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Jawa dengan fokus pada materi Dukungan para pihak dalam pencapaian Jakstrasa Kabupaten Sleman. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman, yang menyampaikan Kebijakan Pemerintah Pusat dan Daerah dalam pengendalian sampah plastik.ada juga WALHI Yogyakarta, yang memberikan materi Cintai bumi , Kurangi Sampah Plastik. Lalu yang terakhir oleh Art Strobery dan Vifas Batik, dengan materi Alternatif Kantong Belanja Non Plastik dengan Tas Guna Ulang. Peserta kegiatan ini ialah Kepala Instansi terkait di Pemkab Sleman, Kelompok-kelompok pemberdayaan masyarakat, Camat se-Kabupaten Sleman, Pelaku usaha ritel, Ketua Paguyuban Pedagang Pasar, UPT Pasar, Pengelola Radio Pasar, UPT pendidikan dan Sekolah-sekolah Adiwiyata.

Kalau bukan kita, siapa lagi?? sudah saatnya untuk mulai mencintai dan memperhatikan lingkungan sekitar. Di mulai dari hal – hal kecil ini tentunya akan memberikan dampak yang besar. Dimulai dari aktif melakukan sosialisasi dan berbagai kegiatan untuk mendukung pengurangan plastik akan menyelamatkan Bumi ini.   

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *