Type to search

Program dan Kegiatan

Bimtek Kerajinan Batik di Wukirharjo

Share

Batik yang indah dan menarik tidak terlepas dari teknik membatik dan pewarnaan yang baik. Pewarna batik sintetis hingga saat ini masih populer digunakan para pengrajin batik. Penggunaannya yang praktis dan mudah didapat di toko-toko bahan batik merupakan salah satu alasan banyak pengrajin batik sekarang memilih pewarna sintetis.Selain itu varian warna yang lebih beraneka ragam membuat para pengrajin batik lebih bisa mengeksplorasi warna dalam membatik.

Untuk melestarikan kekayaan potensi produk lokal, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman mengadakan bimibingan teknis dasar membatik dan teknis pewarnaan batik khususnya pewarna sintesis. Pemateri dari kegiatan ini disampaikan oleh praktisi batik Bp. Wegig dan tim. Beliau dikenal sebagai pengrajin batik di Sleman yang turut mengembangkan Asosiasi Batik Mukti Manunggal. Beliau telah berpengalaman dalam memberikan pelatihan dan pendampingan kepada kelompok – kelompok batik yang ada di Kabupaten Sleman.

Acara ini diselenggarakan  selama 7 (tujuh) hari pada tanggal 14 Agustus samapi dengan 22 Agustus 2019 dengan dihadiri sebanyak 20 peserta. Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan rasa kecintaannya terhadap produk lokal, menambah wawasan peserta agar adapat menggali batik tersebut sebagai industri yang potensial. Tidak hanya itu, peserta juga diharapkan dapat memahami dasar – dasar langkah dalam membatik dan pewarnaan batik.

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *