Type to search

Program dan Kegiatan

Pewarna Ramah Lingkungan Melalui Bimtek Batik di Gayamharjo

Share

Kita memasuki tren, dimana pasar global saat ini sudah semakin mengarah pada produk ramah lingkungan. Dalam pelaksanaan ini diharapkan dapat melakukan strategi mencegah, mengurangi dan menghilangkan terbentuknya limbah sebagai bahan pencemar lingkungan. Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman berkomitmen untuk meningkatkan kualitas produk yang ramah lingkungan melalui Kegiatan Bimbingan Teknis Batik di Gayamharjo, Prambanan yang berlangsung selama 7 ( tujuh ) hari pada 12 sampai dengan 20 Agustus 2019, bertempat di Balai Desa Gayamharjo, Prambanan. Bimtek ini diikuti oleh 20 peserta dari beberapa padukuhan di Gayamharjo.

Dalam bimbingan teknis, kegiatan difokuskan kepada diversifikasi pewarnaan alam dari kearifan lokal, dimulai dengan teknis dasar membatik dan teknis pewarnaan dengan pewarna alami.  Pemateri dari kegiatan ini disampaikan oleh Bp. Said dan Tim dari Boedaya Batik, Bayat, Klaten. Beliau dikenal sebagai salah satu penggerak batik warna alami di sentra batik Bayat.  Hingga kini pewarna alami masih tetap digunakan para pembatik tertentu dikarenakan batik alami biasanya memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi.

Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung kemajuan industri batik di Kabupaten Sleman. Selain itu juga dapat memberikan manfaat dalam menambah pengetahuan, dan keterimapilan, sehingga para peserta dapat mengembangkannya dari hasil yang mereka dapat menjadi suatu karya.

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *