Type to search

Program dan Kegiatan

Bimtek Kemasan bagi IKM Pangan Kabupaten Sleman

Share

 

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) kemasan bagi IKM pangan di Kabupaten Sleman. Kegiatan Bimtek ini sebagai wujud dukungan Perindag Sleman  pada kemajuan IKM pangan yang ada di Kabupaten Sleman karena industri pangan merupakan salah satu industri yang terus berkembang.

Bimbingan Teknis (Bimtek) kemasan berlangsung sebanyak 2 angkatan, dimana masing-masing angkatan diikuti 20 peserta IKM pangan dan berlangsung selama 4 hari. Angkatan pertama berlangsung  tanggal 25, 29, 30 dan 31 Juli 2019 bertempat di Taman Kuliner Condong Catur. Sedangkan Angkatan kedua berlangsung tanggal 26, 29, 30, 31 Juli 2019 di Rumah Makan Genduk Wulan, Seyegan.

Narasumber kegiatan Bimtek Kemasan berasal dari UPTD Laboratorium Kesehatan Sleman, Dinas Kesehatan Sleman,  Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Sleman. Selain itu, untuk angkatan pertama juga diisi oleh narasumber dari Kemasan Jogja. Sedangkan untuk angkatan kedua juga diisi oleh narasumber dari Pusat Kemasan UKM.

UPTD Laboratorium Kesehatan Sleman memberikan materi terkait teknis pengujian produk IKM dan tentang Cara Produksi Pangan yang Baik (CPPB), sedangkan tentang Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) disampaikan dari Dinas Kesehatan. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Sleman menyampaikan materi terkait kemudahan perijinan untuk industri kecil. Pusat Kemasan UKM dan Kemasan Jogja selain menyampaikan materi tentang kemasan juga membuat kemasan produk untuk masing-masing UKM.

Pada hari terakhir kegiatan Bimtek peserta mengikuti studi orientasi ke Pusat Kemasan UKM untuk angkatan kedua dan Kemasan Jogja untuk peserta Bimtek angkatan pertama, tujuannya adalah untuk memberikan gambaran kepada peserta tentang proses pembuatan kemasan yang sesuai dengan produk IKM. Selanjutnya peserta berkunjung ke Pusat Penjualan Produk yaitu Supermarket Pamella Satu. Kunjungan ini untuk memberikan gambaran kepada peserta tentang tempat yang bisa dijadikan tujuan pemasaran produknya. Pemilik Pamela Satu dihadirkan untuk melihat langsung dan menilai kemasan produk IKM, sehingga dimungkinkan terjalin kerjasama antara IKM dengan Pamella Satu.

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *