Type to search

Program dan Kegiatan

Bimtek Batik di Margokaton, Seyegan

Share

 

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kabupaten Sleman melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Batik di desa Margokaton, Seyegan. Bertempat di Aula BUMDES Margokaton, kegiatan ini berlangsung selama 7 (tujuh) hari dari tanggal 23 hingga 31 Juli 2019. Peserta Bimtek adalah 20 orang yang merupakan warga dari beberapa padukuhan di Margokaton. Sebagian peserta adalah anggota kelompok paska pelatihan batik di tahun sebelumnya.

 

Kegiatan Bimtek ini adalah salah satu wujud dukungan Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Perindag Sleman untuk memajukan Industri Batik di Sleman khususnya kelompok batik di desa Margokaton. Pelatihan batik di desa Margokaton sudah beberapa kali dilaksanakan namun kelompok masih belum berjalan sesuai yang diharapkan.

Dengan mengundang praktisi batik yaitu Ibu Haryati dan Ibu Tutik dari Asosiasi Mukti Manunggal sebagai instruktur pelatihan, diharapkan selain bisa mentransfer ilmu juga bisa memberikan wawasan dan motivasi kepada kelompok batik. Materi yang diberikan terkait dengan terknis membatik dan teknis pewarnaan batik baik pewarna sintetis maupun pewarna alami. Selain itu kelompok juga diajak untuk praktek langsung sehingga bila mengalami kendala dapat langsung bertanya kepada pelatih.

 

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *