Type to search

Program dan Kegiatan

Bimtek Batik Pewarna Alam di Sumberejo Tempel

Share

 

Batik merupakan salah satu warisan khas budaya Indonesia yang perkembangannya terus meningkat hingga saat ini dan disertai dengan semakin banyaknya pengrajin batik baru, termasuk di daerah Sleman. Sebagai bentuk dukungan kepada para pengrajin batik yang ada di Sleman,  Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kabupaten Sleman memberikan pelatihan Bimbingan Teknis (Bimtek) Batik Pewarna Alam di Dusun Tegal Desa Sumberejo, Tempel. Bimtek ini berlangsung selama 7 hari dari tanggal 16 hingga 24 Juli 2019.

Peserta Bimtek Batik pewarna alam ini adalah kelompok batik Ayu Cemara yang tahun lalu juga telah mengikuti pelatihan Bimtek dari Perindag Sleman dan dipandang berpotensi untuk berkembang. Narasumber pelatihan adalah Said dari Budaya Batik, yang merupakan pengrajin batik dari Bayat dengan fokus pada batik pewarna alam. Batik dengan pewarna alam memang disarankan untuk pengrajin batik saat ini karena diharapkan pengrajin batik tidak hanya berorientasi pada keuntungan tetapi juga tetap menjaga dan memelihara lingkungan. Hal ini penting bagi Kabupaten Sleman karena Kabupaten Sleman merupakan kawasan penyangga yang menjadi tumpuan resapan air di DIY terutama untuk kawasan Kota Yogyakarta dan Kabupaten Bantul, sehingga kelestarian alam dan lingkungan di Kabupaten Sleman harus dijaga.

Pelatihan Bimtek Batik tidak hanya diisi dengan materi saja tetapi peserta juga praktek langsung dalam proses pembuatan batik. Mulai dari proses membuat pola hingga proses pewarnaan batik. Pewarna alami yang digunakan untuk pewarna batik berasal dari pohon indigo, jolawe dan tingi. Hasil dari warna alami ini tidak kalah bagus dari pewarna sintesis, dan selain itu limbah yang dihasilkan lebih ramah lingkungan. Dengan pelatihan Bimtek batik pewarna alam ini diharapkan pengrajin batik menghasilkan batik yang lebih baik sehingga ada kenaikan omzet, sekaligus dapat memanfaatkan serta menjaga alam lingkungan sekitar.

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *