Type to search

Berita

Sekolah Pasar untuk Pedagang Pasar Gentan

Share

Kementrian Perdagangan Republik Indonesia mengadakan Sekolah Pasar untuk Pedagang Pasar Gentan pada Kamis (11/07/2019). Sekolah pasar ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pedagang di bidang pemasaran, kesehatan, dan keuangan, yang nantinya diharapkan akan berkontribusi pada peningkatan pendapatan pedagang.

Kegiatan Sekolah Pasar Gentan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman, Dra. Tri Endah Yitnani M.Si dan dihadiri oleh Direktur Sarana dan Logistik Kemendag RI, Sihard Hadjopan Pohan. Sebagai narasumber Ari Sugastri dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Fathurrahman Praktisi di bidang Retail.

Ari Sugastri dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyampaikan materi tentang Pengelolaan Sampah dan Pemanfaatannya di Pasar Rakyat. Ari menyampaikan meningkatnya volume dan jenis sampah disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain pertumbuhan jumlah penduduk, kemajuan teknologi, perubahan gaya hidup, keterbatasan sarana dan prasarana serta tingkat kesadaran dari masyarakat. Tujuan dari pengelolaan sampah di pasar yaitu meningkatkan sampah terkelola di sumber (pasar), mengurangi sampah yang dibawa ke TPA, mendukung target pengurangan dan penanganan sampah nasional di sumber sampah. Dalam hal ini pengelola pasar sangat berperan dalam keberhasilan pengelolaan sampah di pasar. Untuk mengurangi sampah pengelola diharapkan mampu membatasi timbulan sampah pasar, memanfaatan kembali sampah yang bisa didaur ulang (dikelola Bank Sampah Pasar atau Bank Sampah terdekat) dan memisahkan sampah organik yang ada di pasar.

Fathurrahman, Praktisi di bidang Retail sebagai narasumber berikutnya memberikan pengetahuan kepada pedagang pasar tentang cara mengelola kios/warung dengan baik. Cara yang dimaksud adalah dengan 4 M yaitu mengelola persediaan, mengelola administrasi, memelihara kios UKM dan melayani pembeli dengan sepenuh hati.

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *