Type to search

Program dan Kegiatan

Dinas Perindag Gunung Kidul Studi Banding ke Perindag Sleman terkait e-retribusi

Share

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kabupaten Gunung Kidul berkunjung ke Dinas Perindag Kabupaten Sleman pada hari Selasa kemarin (09/07/2019) yang diwakili oleh Kepala Dinas Perindag Gunung Kidul dan beberapa staf dinas. Turut pula dalam rombongan perwakilan dari Bappeda, BKAD, Kominfo, Bagian Perekonomian, Bagian Hukum, Perwakilan Kecamatan Pemerintahan Gunung Kidul dan Perwakilan BPD DIY cabang Gunung Kidul. Rombongan dari Gunung Kidul diterima oleh Kepala Dinas Perindag Sleman yang didampingi Kepala Bidang Pembinaan & Pengembangan Pasar Tradisional, Kepala Bidang Pengelolaan Fasilitas Perdagangan Tradisional, Kasie Retribusi serta Perwakilan BPD DIY dari kantor pusat dan cabang Sleman.

Kepala Dinas Perindag Gunung Kidul, Johan Eko Sudarto S.Sos. MH menyampaikan maksud kedatangan rombongan dari Gunung Kidul yaitu untuk mentransformasi e-retribusi yang sudah dijalankan oleh Dinas Perindag Sleman, selain itu juga ingin mengetahui pengeloaan PKL yang ada di Kabupaten Sleman.

 

Penggunaan sistem e-retribusi memang lebih memudahkan dalam pengelolaan retribusi dibandingkan dengan cara manual dan uang dari pedagang juga akan langsung masuk ke kas daerah. Penggunaan e-retribusi yang sudah dilakukan di Perindag Sleman dipaparkan langsung oleh Kasie Retribusi. Software e-retribusi merupakan pengembangan software yang sudah ada, dilakukan oleh Dinas Kominfo bekerjasama dengan BPD. Dinas Perindag mempersiapkan ID pedagang yang berdasarkan pada tempat dasaran. Mekanisme pembayaran retribusi dilakukan sebulan sekali melalui atm atau teller Bank BPD.

Selain itu, rombongan dari Pemkab Gunung Kidul juga menggali informasi tentang pengelolaan PKL. Pengelolaan PKL yang ada di Kabupaten Sleman Dinas Perindag Sleman dibagi dalam beberapa model kantung PKL antara lain menyewa lokasi dengan membangunkan tempat dagang (seperti Resto Mrican), menggunakan sebagian badan jalan, menyediakan tempat lapang (untuk klitikan), melengkapai fasilitas yang sudah ada (Taman Denggung), dan menggunakan depan area pasar yang sudah tutup pada malam hari. Salah satu keberhasilan Dinas Perindag Sleman dalam pengelolaan PKL yaitu memindahkan PKL jalanan ke Resto Sehat di Resto Sarjito.

         

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *