Type to search

Berita

Gebyar Pembukaan Pameran Potensi Daerah 2019

Share

Bupati Sleman, Sri Purnomo resmi membuka penyelenggaraan Pameran Potensi Daerah Kabupaten (PPD) Sleman pada Sabtu, 6 Juli 2019. Dalam pembukaan tersebut, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Tri Endah Yitnani menyampaikan bahwa acara ini dimaksudkan untuk mempromosikan produk-produk lokal Sleman serta  kekayaan seni dan budaya dari 17 (tujuh belas) kecamatan di Kabupaten Sleman. Dalam pembukaan pameran ini, Bupati Sleman sekaligus meluncurkan suvenir atau cindera mata khas Sleman, yaitu boneka Salman dan aplikasi Cariaku.

Dijelaskan oleh Endah, bahwa boneka Salman merupakan idiom dari kata Salak Sleman, yang terdiri dari sepasang boneka, laki-laki dan perempuan, yang mengenakan busana batik khas Sleman salak parijotho. Masing-masing boneka memiliki nama panggilan, yaitu ‘Yu Sal’ untuk boneka perempuan, dan ‘Kang Man’ untuk boneka laki-laki.  Boneka Salman harapannya tidak sekedar menjadi cindera mata, namun yang lebih penting lagi untuk mengenalkan potensi/ciri khas Kabupaten Sleman, terutama salak dan batik Sleman. Oleh karenanya selain boneka,
cindera mata ini juga akan dibuat dalam bentuk lain, seperti baju, gantungan kunci, stiker, mug, dan lainya.
Hal senada diungkapkan Bupati Sleman, Sri Purnomo. Dia berharap dengan diluncurkannya cinderamata boneka Salman tersebut dapat menjadi ikon baru Sleman. Sehingga siapa saja yang melihat Salman akan ingat Sleman.

Sementara itu, launching aplikasi Cariaku dimaksudkan untuk mengenalkan aplikasi yang akan sangat membantu terutama bagi wisatawan untuk mencari informasi dan lokasi UMKM di Sleman. Sedangkan pengenalan layanan tera/tera ulang dimaksudkan untuk lebih meningkatkan partisipasi masyarakat agar tertib ukur pada timbangan barang (dagangan).

Rangkaian pembukaan PPD sendiri menjadi hiburan yang mengundang antusiasme pengunjung dan masyarakat. Pembukaan didahului dengan line dance dan dilanjutkan dengan flash mob di depan panggung utama. Bersamaan dengan itu, pertunjukan drum band digelar dari Lapangan Beran menuju panggung utama PPD 2019.

Beberapa acara unggulan dalam PPD yang akan diselenggarakan tanggal 6 sampai dengan 15 Juli 2019 ini diantaranya adalah pementasan wayang orang dengan bintang tamu Yati Pesek, Talkshow Batik, musik spesial Koes Plus dan Koes Plus bersaudara, Cooking class, talk show pemasaran, lomba karaoke, lomba game mobile legend, lomba foto terbaik instagram, dan lain-lain (rew)

 

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *