Sidang Tera Ulang di Pasar Kalasan

UPTD Metrologi Legal Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman pada hari Selasa (25/6) mengadakan kegiatan sidang tera ulang di Pasar Kalasan, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman. Sidang tera ulang tersebut bertujuan untuk memaksimalkan kinerja UTTP para pedagang pasar dan perlindungan konsumen di sekitar Pasar Kalasan.

Kegiatan tersebut menyasarkan pedagang pasar yang memiliki alat ukur yang dipakai untuk berdagang seperti timbangan meja, timbangan sentisimal, dan timbangan elektronik yang disambut hangat oleh para pedagang pasar. UPTD Metrologi Legal melakukan tera ulang sebanyak 36 unit timbangan meja beserta anak timbangan (AT) yang digunakan oleh pedagang yang berjualan di Pasar Kalasan dan sekitarnya.

Sosialisasi di Pasar Kalasan telah dilakukan tahun lalu tentang pentingnya tera/tera ulang untuk transaksi jual beli antara pedagang pasar dan para konsumen. Sesuai UU Nomor.23 Tahun 2014, UPTD Pelayanan Metrologi Sleman memiliki tugas dan fungsi melaksanakan pelayanan tera dan tera ulang alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya (UTTP). Saat ini UPTD Metrologi Legal menyasar pasar tradisional kabupaten untuk menjadi Pasar Tertib Ukur (PTU) di Kabupaten Sleman.

Sangat penting untuk dipahami dan dipedomani bersama PTU tidak hanya untuk menjaga hak dan perlindungan konsumen, tapi juga kebutuhan pedagang untuk mendapatkan kepercayaan dan menjaga loyalitas pembeli, serta dalam rangka  berdagang secara jujur dan amanah agar mendapatkan rejeki yang barokah untuk keluarga di dunia akherat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*