Pelayanan Tera Ulang atau Sidang Tera Ulang di Pasar Kejambon

UPTD Pelayanan Metrologi Legal, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sleman melakukan salah satu kegiatan rutin yaitu pelayanan tera ulang terhadap alat timbang milik pedagang pedagang pasar melalui kegiatan sidang tera ulang di pasar – pasar Kabupaten Sleman.

Sesuai UU Nomor.23 Tahun 2014, UPTD Pelayanan Metrologi Sleman memiliki tugas dan fungsi melaksanakan pelayanan tera dan tera ulang alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya (UTTP), seperti yang dilakukan di Pasar Kejambon pada tanggal 19 Juni 2019.

Kegiatan Pelayanan Tera Ulang di pasar Kejambon ini menargetkan seluruh pedagang yang memiliki dan atau menggunakan UTTP berupa timbangan dalam berbagai jenisnya, antara lain: timbangan meja ( TM ), Timbangan sentisimal, Timbangan elektronik dan jenis timbangan lainnya yang biasa digunakan untuk transaksi jual beli sehari-hari.

Adapun sidang tera di pasar Kejambon hari ini merupakan pelayanan sidang tera hari kedua, setelah sebelumnya dilakukan kegiatan yang sama pada Bulan Mei 2019. Pelaksanaan sidang lanjutan ini dimaksudkan untuk memaksimalkan pelayanan tera ulang terhadap UTTP yang belum terlayani pada kesempatan sidang tera di hari pertama.

Kegiatan Sidang Tera ini merupakan kegiatan rutin yang sudah berlangsung sejak UPTD Pelayanan Metrologi Legal resmi beroperasi yaitu tahun 2017, selain  pelayanan di tempat UTTP terpasang atau yang dikenal dengan istilah LOKO, misalnya ke  SPBU, rumah sakit, mall, Perusahaan-perusahaan dan lainnya.

Dengan demikian rangkaian pelayanan tera ulang melalui kegiatan sidang tera ulang di pasar Kejambon ini akan berlanjut ke pasar tradisional lainnya, yang secara terjadwal setiap pasar Kabupaten Sleman akan dilakukan sidang tera ulang sekali setiap tahun, sesuai dengan masa berlaku tanda tera pada UTTP yang mayoritas digunakan oleh para pedagang di pasar tradisional yaitu 1 tahun sekali.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*