Sosialisasi Kearsipan Bagi Karyawan

Tidak dipungkiri bahwa arsip adalah aspek penting dalam suatu organisasi. Arsip memiliki peran diantaranya sebagai alat utama ingatan organisasi, bahan atau alat pembuktian (bukti otentik), serta bahan dasar perencanaan dan pengambilan keputusan. Sebagai bentuk komitmen untuk mengelola arsip dengan baik dan benar, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman pada hari Jum’at, 27 April 2019 di Ruang Rapat Paramadhana menyelenggarakan sosialisasi kerasipan.┬áSasaran dari sosialisasi ini adalah pejabat struktural, khususnya yang mengampu kegiatan dan beberapa orang staf yang bertugas mengelola persuratan dan arsip bidang.

Sosialisasi dilaksanakan dengan menghadirkan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman, Ir. A.A. Ayu Laksmi Dewi Tri Astika Putri, M.M., dan narasumber dari Program Studi Kearsipan, Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada, Fazatush Sholikhah. Disampaikan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan bahwa nantinya kearsipan akan menjadi komponen penilaian “WTP” (Wajar Tanpa Pengecualian), sehingga dari tahun 2018 mulai disiapkan dan diterapkan Simarda (Sistem Informasi Arsip Daerah). Pada tahun 2018 sistem ini diterapkan pada tujuh perangkat daerah dan tahun 2019 diterapkan pada 29 perangkat daerah.

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan karyawan Dinas Perindustrian dan Perdagangan dapat mengelola arsip dengan baik, yaitu secara reguler, teratur, dan tidak ada yang tertunda, agar pelayanan dapat dilaksanakan dengan lebik baik pula.

Categories: Berita

Leave a Reply