Tiga Pasar Renovasi Diresmikan Bupati Sleman

Kamis, 21 Maret 2019 Bupati Sleman meresmikan sekaligus tiga pasar yang direnovasi, yaitu Pasar Turi, Pasar Gendol Tempel dan Wonosari Ngemplak. Ketiga Pasar yang direnovasi ini mendapatkan bantuan pendanaan dari Pemerintah Pusat berupa Dana Alokasi Khusus Penugasan Bidang Pasar dengan total anggaran sebesar 3,325 Milyar. Dalam peresmian ini turut hadir Wakil Bupati Sleman dan Wakil Ketua DPRD, Sukaptono.

Kerusakan Pasar Turi akibat angin kencang tanggal 13 Maret 2019 yang mengakibatkan 70 atap rusak/terbang menjadikan rencana peresmian mundur dan baru dapat dilaksanakan Kamis (21/3/19). Atas terjadinya bencana ini, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman telah selesai melakukan renovasi pada tanggal 18 Maret 2019, sehingga kondisi Pasar Turi saat ini sudah sangat baik.

Dengan pembangunan pasar rakyat ini diharapkan semakin menggerakkan perekonomian rakyat di Kabupaten Sleman dan menjadi peluang tenaga kerja. Sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman, berd

agang di pasar merupakan mata pencaharian yang tidak membutuhkan persyaratan pendidikan, sehingga asal mempunyai kemauan berdagang bisa menjadi mata pencaharian sehari-hari. Pasar rakyat menjadi salah satu katup pengaman perekonomian.

Bupati Sleman, Sri Purnomo selepas peresmian menjelaskan bahwa Pemkab Sleman terus berupaya merevitalisasi pasar tradisional yang ada di Kabupaten Sleman. Pembangunan pasar tradisional ini dimaksudkan supaya semakin banyak masyarakat yang berkunjung sehingga perputaran ekonomi masyarakat semakin meningkat. Bupati berharap renovasi pasar ini juga diiringi dengan  penataan dagangan yang baik dan rapi serta menjaga kebersihan lingkungan. “Syukur nanti pasarnya besar ada pengelola sampah yang melakukan daur ulang sampah sehingga tidak ada kesan kumuh. Hal ini sejalan dengan semboyan pasare resik, atine becik, rejekine apik. Ini sebuah filosofi yang sangat baik dan harus kita jalani,” pungkasnya.

Categories: Berita

Leave a Reply