Dinas Perindustrian dan Perdagangan Laksanakan Pendataan Industri

Pendataan yang berkualitas akan memberikan informasi yang berkualitas sehingga akan dapat dimanfaatkan untuk pengambilan kebijakan yang tepat. Dengan pertimbangan hal tersebut, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Sleman pada tahun 2019 ini kembali melaksanakan pendataan industri. Tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalah untuk pemetaan industri di Kabupaten Sleman, mengkonsolidasi data industri dari berbagai sumber (instansi), persiapan penyediaan data untuk program Satu Data Kabupaten Sleman, sebagai panduan pengajuan perencanaan anggaran melalui Pagu Usulan Partisipasi Masyarakat (PUPM), dan untuk penentuan kebijakan pembinaan industri di Kabupaten Sleman.

Pendataan industri yang dilakukan Dinas Perindag Sleman adalah pendataan sektor usaha industri yang berada di wilayah Kabupaten Sleman. Industri yang didata adalah usaha pengolahan bahan baku menjadi bahan setengah ajadi atau barang jadi. Adapun jenis-jenis industri yang didata adalah: industri makanan, industri sandang, industri kerajinan, industri kimia dan bahan bangunan, industri logam elektronika, dan jasa industri (contoh: pengemasan kembali makanan, jasa servis kendaraan, jasa servis elektronika, percetakan, servis jok, penjahit konveksi, dll). Dikecualikan dari pendataan ini adalah warung bakso, warung mie ayam dan warung kelontong, salon, catering, penatu (laundry), pedagang kaki lima, pedagang pasar dan pedagang eyek (keliling).

Untuk mengawali pendataan ini, pada hari Rabu 13 Maret 2019 Disperindag Sleman akhirnya melaksanakan tahap awal kegiatan Pendataan Industri di 6 (enam) kecamatan terakhir, yaitu Kec. Ngaglik, Kec. Depok, Kec. Kalasan, Kec. Berbah, Kec. Ngemplak, dan Kec. Prambanan, berupa koordinasi awal / persiapan pelaksanaan pembaruan data industri yang akan dilaksanakan di tahun 2019 ini. Semoga dengan adanya komitmen seluruh mitra yang terkait dalam kegiatan ini akan membawa hasil data yang berkualitas (rew)

Leave a Reply