Type to search

Program dan Kegiatan

Perindag selenggarakan Workshop Sertifikasi Halal

Share

Produk dengan sertifikat halal akan memberikan ketenangan, dan memberikan jaminan aman dikonsumsi dan dipakai oleh konsumen. Bagi produsen sendiri dengan mengantongi sertifikat halal akan diperoleh manfaat berupa kesempatan meraih pasar halal global, meningkatkan kemampuan dalam pemasaran di pasar/negara muslim, dan meningkatkan kepercayaan konsumen. Pentingnya sertifikat halal tidak hanya berlaku di negara-negara dengan Islam sebagai mayoritas. Bahkan di Thailand dan Jepang yang Islam sebagai minoritas menerapkannya.

Berangkat dari pentingnya manfaat sertifikat halal tersebut, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman (Perindag Sleman) menyelenggarakan Workshop Sertifikasi Halal pada Senin 25 Februari 2019 untuk Angkatan I dan Rabu 27 Februari 2019 untuk Angkatan II. Pada kegiatan Workshop Sertifikasi Halal Bagi IKM Kabupaten Sleman, Ibu Dwi Wulandari, ST., M.Ec.Dev selaku Kepala Bidang Perindustrian menyampaikan kebijakan perindustrian di Kab. sleman yang sangat mendukung upaya peningkatan daya saing IKM melalui sertifikasi halal.

Sementara itu Kepala Pengawas Farmasi & Makanan Ahli Madya Balai Besar POM DIY Dra. Rossy Hertati, MP, Apt , menyampaikan materi cara produksi sesuai dengan ketentuan2 yang berlaku, proses produksi yang hiegenis, yang baik dan benar (thoyyib), sebagai bekal yang menguatkan peserta menuju proses produksi yang halal.

Auditor sekaligus Kepala Divisi Pengembangan SDM LPPOM MUI DIY Drs. H. Elvy Effendie, M.Si, Apt menjelaskan tentang prosedur sertifikasi halal, khususnya Sistem Jaminan Halal (SJH). Perusahaan harus menerapkan SJH sebelum melakukan pendaftaran sertifikasi halal, antara lain: penetapan kebijakan halal, penetapan Tim Manajemen Halal, pembuatan Manual SJH, pelaksanaan pelatihan, penyiapan prosedur terkait SJH, pelaksanaan internal audit dan kaji ulang manajemen. Hadir juga, Stenly Hendi Avanda, owner IKM panda seaweed chips, yang berbagi kisah suksesnya terkait manfaat sertifikasi halal dan dampaknya terhadap pengembangan usaha (rew)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *