Dapatkan Hadiah Jutaan Rupiah dari Lomba Sleman Innovative Crafts Award 2018

Kerajinan atau craft sebagai salah satu sektor ekonomi kreatif memiliki hubungan erat dengan pariwisata. Pengembangan kerajinan sebagai representasi budaya komunitas lokal dipandang mampu melengkapi destinasi pariwisata, karena sebuah kegiatan wisata setidaknya memerlukan tiga elemen penting yang akan melengkapi perjalanan atau pengalaman berwisata, yaitu 1) something to see (atraksi); 2) something to do (aktivitas); dan 3) something to buy (souvenir).

Kabupaten Sleman dengan tagline the living culture membutuhkan kerajinan khas yang dapat merepresentasikan kekayaaan budaya, kekayaan seni, kekayaan alam dan kehidupan masyarakat Kabupaten Sleman dalam berolah kreativitas. Melalui kerajinan khas ini, kebanggaan masyarakat Sleman terhadap daerahnya akan semakin meningkat. Selain itu, tentunya diharapkan dapat menjadi magnet bagi wisatawan, baik wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara, untuk dapat berkunjung ke Kabupaten Sleman.

Untuk mewujudkan sebuah kerajinan sebagai ikon Kabupaten Sleman, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sleman bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman, menyelenggarakan Lomba Tingkat Nasional, Sleman Innovative Crafts Award (SICA) 2018 dengan tema Innovative Crafts, Innovating Sleman. Event ini terbuka untuk umum dan gratis. Ada dua kategori yang diperlombakan yaitu craft souvenir dan kemasan salak.

Lomba ini telah dilaunching pada hari Senin tanggal 14 Mei 2018 di The Rich Jogja Hotel dengan batas pendaftaran sampai dengan tanggal 14 Juli 2018. Dengan mempertimbangkan masih banyak calon peserta yang antusias dan meminta perpanjangan waktu terkait proses produksi, maka panitia memutuskan periode pendaftaran dan pengumpulan karya diperpanjang sampai dengan 1 September 2018 agar peserta lebih optimal. Adapun penilaian karya dan pengumuman karya terbaik/juara dijadwalkan pada minggu kedua September 2018.

Setiap karya dalam kedua kategori diatas haruslah memiliki nama atau sebutan khusus dan mengandung motif batik Sleman (motif sinom parijotho salak) yang dituangkan dalam bentuk gambar dengan teknik batik, lukisan, ukiran, guratan, dan bukan foto yang ditempelkan. Setiap karya yang dikirimkan, hendaknya tidak mengandung unsur yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, dan merupakan karya asli peserta dan belum pernah diikutisertakan atau dipublikasikan untuk keperluan komersial. Setiap peserta bisa mengirimkan maksimal 2 (dua) buah karya untuk masing-masing kategori.

Craft souvenir yang diajukan dalam lomba diwajibkan memiliki dimensi (panjang x lebar x tinggi) tidak lebih dari 20 x 15 x 30 cm dengan berat maksimal 1000 gr, dan disertai dengan keterangan pelengkap seperti deskripsi produk, foto atau gambar sketch, dan mencantumkan biaya produksi. Kemasan salak yang diajukan diwajibkan memiliki dimensi (panjang x lebar x tinggi) tidak lebih dari 50 x 30 x 50 cm dengan berat maksimal 1500 gr, dan disertai dengan keterangan pelengkap seperti deskripsi produk, foto atau gambar sketch, dan mencantumkan biaya produksi.

Tentunya Anda tidak ingin kehilangan kesempatan emas ini, karena pemenang SICA 2018 ini berkesempatan memperoleh total hadiah sebesar 50 juta rupiah dan trophy Bupati Sleman dan Ketua Deskranasda Sleman. Selain itu, pemenang berkesempatan mengikuti inkubasi bisnis sebagai upaya meningkatkan keterampilan peserta dalam semua proses bisnis terkait.

Tunjukkan bahwa Anda berani berkarya dengan karya yang berani dengan mendaftarkan diri di event ini. Pendaftaran dibuka sampai dengan 1 September 2018. Form pendaftaran dapat datang langsung ke sekretariat lomba di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman, Jl. Parasamya, Beran, Tridadi, Sleman atau diunduh di siniA� (Panitia mohon maaf dikarenakan gangguan teknis, web www.slemaninocraft.com masih dalam proses perbaikan). Biaya pendaftaran gratis. Batas pengumpulan karya 1 September 2018 (23.59 WIB).

Informasi :

  • Amien Maxmuri 0877 0546 3476
  • Herry 0813 2882 1656

KRITERIA LOMBA

Dewan Juri Sleman Innovative Crafts Award 2018, akan menilai setiap peserta lomba yang mengirimkan karya dengan kriteria

UMUM

  • Karya tidak boleh mengandung unsur yang bertentangan dengan Peraturan perundang – undangan yang berlaku di Indonesia.
  • Karya yang dilombakan merupakan karya asli peserta dan belum pernah diikutsertakan atau dipublikasikan untuk keperluan yang bersifat komersil serta harus bebas dari setiap kontrak atau ikatan lain.
  • Apabila dikemudian hari terdapat gugatan hak cipta, pihak panitia tidak bertanggung jawab atas hak tersebut, panitia akan berasumsi bahwa seluruh desain yang diikutsertakan merupakan karya orisinil peserta.
  • Karya dari kategori craft untuk Souvenir dan Kemasan untuk Salak yang masuk 10 (sepuluh) besar terbaik, akan menjadi penyelenggara (Dekranasda Kabupaten Sleman).
  • Dekranasda Kabupaten Sleman berhak menggunakan karya untuk keperluan publikasi dan keperluan lainnya.

 

KHUSUS

  • Setiap karya harus mengandung motif batik sleman (Sinom Parijotho Salak) yang dituangkan dalam bentuk gambar dengan teknik batik, lukisan, ukiran, guratan, bentuk langsung maupun tidak langsung dan bukan foto yang ditempelkan.
  • Material yang digunakan adalah material alam, bahan sintetis atau campuran keduanya, mudah didapat dan berkesinambungan persediaan materialnya.
  • Karya harus memiliki nama atau sebutan khusus.
  • Karya harus dapat diproduksi secara massal oleh pengrajin di Kabupaten Sleman.

 

TEKNISA�

Craft untuk Souvenir

Craft adalah Sebuah karya kerajinan yang :

  • Berukuran panjang x lebar x tingi tidak lebih dari 20 cm x 15 cm x 30 cm, dengan berat maksimal 1000 gr.
  • Karya harus disertai dengan produk jadi dan deskripsi produk.

 

Kemasan untuk Salak

Kemasan yang dilombakan :

  • Berukuran panjang x lebar x tinggi tidak lebih dari 50 cm x 30 cm x 50 cm, dengan berat maksimal 1500 gr.
  • Karya harus disertai dengan produk jadi dan deskripsi produk.

 

KRITERIA PESERTA

  • Peserta lomba adalah UKM, Perusahaan, Pribadi dan Umum.
  • Peserta lomba adalah individu bukan kelompok.
  • Setiap peserta diwajibkan mengisi registrasi pendaftaran sebelum pendaftaran ditutup.
  • Setiap peserta hanya diperbolehkan mengirim maksimal 2 (dua) karya namun yang lolos penilaian maksimal 1 (satu) karya.
  • Peserta yang sudah terdaftar tidak dapat diganti dengan alasan apapun.

 

KRITERIA PENILAIAN

  • Originalitas
  • Konsep ide karya
  • Proses produksi
  • Nilai estetika
  • Kesesuaian tema
  • Pesan yang disampaikan

Leave a Reply