Lomba Sleman Innovative Craft Award (SICA) 2018 Berhadiah Jutaan Rupiah

Pemukulan gong menandai launching SICA

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sleman dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sleman menyelenggarakan lomba Sleman Innovative Craft Award (SICA) 2018. Lomba ini bertujuan untuk mendapatkan icon kerajinan cinderamata khas kabupaten sleman dan icon kemasan salak Sleman yang bisa dibanggakan.

SICA 2018 secara resmi dimulai oleh Bupati Sleman, Sri Purnomo, ditandai dengan pemukulan gong dalam acara launching di The Rich Jogja Hotel pada Senin 14 Mei 2018. Acara juga dihadiri oleh Ketua Dekranasda Kab. Sleman, Ketua Dekranasda Kab. Kulon Progo, Kepala Dinas Perindag Kab. Sleman, Pemimpin Cabang Bank Rakyat Indonesia (BRI) selaku sponsor dan tamu undangan.

Dalam sambutannya, bupati mengharapkan SICA bisa menjaring desain-desain kreatif untuk mendukung pengembangan Kab. Sleman sebagai destinasi wisata dan kegiatan MICE (Meeting, A�Incentive, Convention, and Exhibition). Produk kerajinan yang berciri khas Sleman akan semakin memperkuat daya tarik wisata. Selain itu kemasan salak pondoh, salah satu salak Sleman yang khas, yang unik dan menarik akan meningkatkan nilai jual buah salak sebagai produk unggulan Kab. Sleman.

Penandatanganan Deklarasi Dukungan kesepahaman BRI Cabang Sleman dengan Dekranasda Kabupaten Sleman

Lomba ini terbuka untuk umum dan berskala nasional yang memperebutkan tropi Bupati Sleman dan tropi Ketua Dekranasda Kab. Sleman serta uang pembinaan dengan total jutaan rupiah. Lomba terbagi dalam dua kategori, yaitu lomba desain kerajinan khas sleman dan desain kemasan salak.

Lomba berlangsung hingga September 2018. Dewan juri lomba ini adalah para ahli yang sudah diakui dan berpengalaman dalam bidangnya untuk skala nasional yang terdiri dari Rahardi Ramelan (mantan Menteri Perindustrian RI), Ir. Alva Edy Tontowi, M.Sc., Ph.D. (UGM), Ir. Subagyo, Ph. D. (UGM), Dr. Adhi Nugraha, MA. (ITB), serta Agung Wicaksono, S. Sn., M.Sn (ISI).

Dalam acara ini juga dilakukan penandatanganan Deklarasi Dukungan kesepahaman BRI Cabang Sleman terhadap penyelenggaraan kegiatan Dekranasda Kab. Sleman. Deklarasi ditandatangani oleh Dra. Hj. Kustini Sri Purnomo selaku Ketua Dekranasda Kab. Sleman dengan pimpinan cabang Bank BRI Jogja Ivan Amirudin dengan disaksikan oleh Bupati Sleman dan Kepala Dinas Perindag Kab. Sleman.

Info selengkapnya ada di laman www.slemaninocraft.com

Categories: Berita, Headline News

Leave a Reply