Asesmen dalam rangka penerbitan SKKPTTU bagi UPT Pelayanan Metrologi Legal Sleman

Proses asesmen dalam rangka penerbitan SKKPTTU bagi  UPT Pelayanan Metrologi Legal  untuk beroperasional secara mandiri dalam memberikan pelayanan kemetrologian, telah dilaksanakan pada   tanggal  9 -10 Agustus 2017  telah dilakukan proses asesmen oleh Tim Asesor dari Direktorat Metrologi. Penilaian dari Kemendag ini terkait penerapan Sistem Manajemen Mutu yang mengacu kepada Permendag Nomor 78/M-DAG/PER/11/2016 tentang Unit Metrologi Legal. Dalam penilaian ini, UPT Pelayanan Metrologi Legal Kabupaten Sleman  di dampingi oleh BSML Regional II Yogyakarta.

Proses asesmen dilakukan berdasarkan daftar Isian Pertanyaan Kesesuaian terhadap Persyaratan Manajemen dan Persyaratan Teknis yang dituangkan dalam panduan Mutu yang terdiri dari:

  1. Pedoman Mutu adalah dokumen yang menjelaskan Sistem Manajemen Mutu dari suatu Organisasi yang mencakup Lingkup Sistem Manajemen Mutu, prosedur yang terdokumentasi dan deskripsi interaksi antar proses.
  2. Prosedur Mutu adalah cara tertentu untuk melakukan sebuah kegiatan atau proses.
  3. Instruksi Kerja adalah deskripsi rinci tentang bagaimana melakukan dan merekam pekerjaan.
  4. Formulir adalah dokumen yang digunakan untuk merekam data yang diperlukan dalam system Manajemen Mutu (Cerapan Pengujian).

Audit kecukupan terhadap alat standar dan sarana gedung/ruangan penyimpanan Alat UTTP Standar

Audit Dokumen Panduan Mutu

Penilaian terhadap Ruang Lingkup Pelayanan Tera/Tera Ulang UTTP sebagai unjuk kemampuan dari UPT atau UPTD untuk melayani (menguji UTTP), Tera/Tera Ulang UTTP, dimana hal ini ditentukan oleh :

  1. Jumlah dan Jenis serta kelas Alat Ukur Standar yang dimilikinya.
  2. Jumlah dan Kompetensi SDM nya
  3. Kemampuan Pengelolaan Laboratorium

Dari  serangkaian proses assesment, berdasarkan hasil penelitian dan evaluasi yang dilakukannya terhadap data Potensi, Kepemilikan Alat Standar Uji, dan SDM seprti persyaratan yang diatur dalam Permendag Nomor 78/M-DAG/PER/11/2016, Tim Asesor memberikan rekomendasi secara keseluruhan Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Metrologi Legal Kabupaten Sleman dinyatakan SUDAH MEMENUHI dan layak untuk diberikan SKKPTTU.

Paparan hasil asesmen dan closing meeting bersama Sekdin Disperindag

Berdasarkan dari hasil asesmen tersebut, SKKPTTU untuk UPT Metrologi Sleman segera diproses dan akan segera bisa diterbitkan setelah 10 hari kerja setelah proses asesemen dilakukan.

Leave a Reply